SEMNASICE 2022

Tema KegiatanMetaverse, Internet of Things (IoT) dan Teknologi Inovatif Untuk Masa Depan Indonesia
Waktu dan Tempat

Hari       : Minggu

Tanggal : 25 September 2022

Tempat  : Zoom Virtual Meeting

Pembicara 1Prof. Dr. Ir. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU. (Peran Pendidikan Kejuruan dalam Perkembangan Teknologi Inovatif)
Pembicara 2Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. (Potensi Pengembangan Metaverse dan Teknologi Pendukung Metaverse)
Pembicara 3Dr. Eng. Jumadi Mabe Parenreng, S.ST., M.Kom. (Potensi Pengembangan IoT dan Teknologi Inovatif)
Pemakalah ParalelDosen-dosen Perguruan Tinggi dan masyarakat umum yang memiliki keterlibatan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul.
Peserta

Peserta kegiatan ini terbuka bagi seluruh dosen pendidikan tinggi di Indonesia, praktisi, mahasiswa, dan lembaga atau organisasi masyarakat.

PenyelenggaraJurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Latar Belakang :

Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kendala utama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi dalam meraih peringkat tertinggi dalam aktivitas riset (research activity) adalah masih rendahnya hasil-hasil penelitian yang berkualitas, terpublikasi dan terakreditasi secara nasional dan internasional. Kualitas pendidikan tinggi Indonesia yang belum memadai tersebut menjadi salah satu penyebab daya saing bangsa yang lemah, padahal globalisasi disegala bidang menuntut kesiapan dan peran aktif perguruan tinggi untuk memenuhi standar internasional dalam meningkatkan mutu sumberdaya di Indonesia. Peningkatan daya saing bangsa bermakna bahwa iptek dan pendidikan tinggi dapat memberikan kontribusi dalam penguatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ditunjukkan oleh keunggulan produk teknologi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Perguruan Tinggi telah banyak menghasilkan inovasi yang mendatangkan manfaat langsung bagi masyarakat. Ke depan, Perguruan Tinggi harus lebih didorong dan difasilitasi untuk dapat menghasilkan lebih banyak lagi inovasi yang bermanfaat langsung pada masyarakat.

Berdasarkan hal di atas, bertepatan dengan hari lahir Jurusan Teknik Informatika dan Komputer maka perlu diadakan sebuat kegiatan yang mewujudkan desiminasi penelitian para sivitas akademika. Oleh karena itu, kegiatan seminar nasional dengan tema "Metaverse, Internet of Things (IoT) dan Teknologi Inovatif Untuk Masa Depan Indonesia". Seminar ini diharapkan akan memberi motivasi dan inspirasi, terutama kepada peneliti dan pengabdi untuk melahirkan berbagai karya ilmiah, produk dan konsep aplikatif, terutama terkait dengan IPTEK dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), sehingga dapat memberikan kontribusi dalam penguatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Kegiatan :

  • Merumuskan berbagai strategi dalam pemanfaatan IPTEK dalam meningkatkan SDM berdasarkan pengalaman dosen di Perguruan Tinggi dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menyusun kerangka solusi permasalahan terkait IPTEK dapat memberikan kontribusi dalam penguatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi.

Journal Homepage Image

artikel dapat dikirim ke email:

semnas2022.tik.unm@gmail.com

 

PROSIDING Thn 2022:

Download SAMPUL  
Download HALAMAN DEPAN