Pengembangan Alat Ukur Perbedaan Energi Serap Benda Berwarna Berbasis Arduino

Zulhajji Zulhajji(1*), Satria Gunawan Zain(2), Yan Lucky Martanto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Setiap warna pada keadaan yang serba sama menyerap energi yang berbeda. Pengukuran energi serap setiap warna yang berbeda pada keadaan yang serba sama dapat dilakukan secara manual melalui perhitungan-perhitungan fisika. Untuk memudahkan pengukuran maka diperlukan suatu alat yang dapat dengan mudah menunjukkan hasil pengukuran secara cepat dan akurat. Penggunaan mikrokontroller Arduino dapat memudahkan proses pengukuran energi serap warna yang ada. penelitian ini menghasilkan produk berupa alat ukur perbedaan energi serap benda berwarna berbasis arduino yang dapat secara akurat menunjukkan hasil pengukuran energi serap dari setiap warna yang ada menggunakan sensor TCS3200. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengguna alat ini yaitu guru Fisika dan peserta didik memberikan penilaian usability pada kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Amir, Zubaidah. 2010. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran dalam kelompok kecil berbasis masalah secara klasikal dalam prosiding seminar pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan, program studi pendidikan matematika UIN SUSKA, Riau: Pekanbaru

Arif S. Sadiman, dkk. 2011. Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arizenjaya, 2018. Instrument energi termodinamika Arizenjaya, Parepare : LPPM Akper Fatimah Parepare

B, Gustomo. 2015. Pengenalan Arduino dan pemrogrammannya. Bandung : Informatika Bandung.

Dharma K. 2015. Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta timur: CV. Trans Info Media

Djamarah, S. B. dan Aswan Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Frasiskawati, A. E. “Pengembangan sistem informasi mahasiswa bidikmisi berbasis website pada Universitas Negeri Makassar”. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassaar. Makassar, 2020

Saptaji W, Handayani. 2015. Mudah belajar mikrokontroler dengan Arduino. Widya Media, Bandung

Sinaryuda. 2018. Pengenalan aplikasi arduino IDE dan arduino sketch. www.sinaryuda.web.id. (Diakses Pada tanggal 19 Maret 2020)

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujabi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka P


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.