Korelasi Antara Hasil Kemampuan Siswa dalam Menjawab Instrument nonTest E-LKPD dan Instrumen Test Berbasis Keterampilan Proses Sains

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*), Rifda Mardian Arif(2), Nurul Mukhlisah Abdal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil kemampuan siswa dalam menjawab instrument non test E LKPD dan instrumen test berbasi keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif  dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Barru tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 116 peserta didik. Pengambilan sampe dipilih dengan teknik purposive sampling. Pemberian E-LKPD sebanyak 3 kali dan pemberian test keterampilan proses sains. Data kemudian diolah dengan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis korelasi Pearson. Hasil menujukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa dalam menjawab instrumen nontest E LKPD berbasis keterampilan proses sains adalah sebesar 76,5 dan kemampuan siswa dalam menjawab instrumen test berbasis keterampilan proses sains adalah sebesar 73,8 Korelasi Antara Hasil Kemampuan Siswa dalam Menjawab Instrument nonTest E-LKPD dan Instrumen Test Berbasis Keterampilan Proses Sains yaitu sebesar 0,082 yakni masuk dalam kategori sangat rendah.


Full Text:

PDF

References


Damopolii, I., Yohanita, A., Murtijani, M., & Nurhidaya, N. 2018. Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 22-30.

Dewi, R.A.P., Akbar, B., & Meitiani. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Sains Pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Al-Nafis: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. 2 (1), 65-71.

Fitriasari, D. N., & Yuliani. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 510-522.

Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 14-22.

Hanim, F., Suyanto, R.D., & Harahap, F. 2018. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 164330 Tebingtinggi. Jurnal Tematik, 7(1), 107-115.

Nurhayati, N., Saputri, D. F., & Assegaf, S. L. H. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Materi Fisika untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 145-158.

Purnama, A., & Suparman, S. 2020. Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131-140.

Putri, E. M., Koto, I., & Putri, D. H. 2018. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya dengan Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Simulasi PhET di Kelas XI MIPA E SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 46-52.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta, Bandung.

Theresia, C., Fitriana, I. N., Khotimah, K., Habibah, S., Debataraja, Y. F., & Kusumanintyas, P. 2021, December. Blended Learning: Inovasi dan implementasinya dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, vol. 4, pp. 7-13.

Wata, T. D., Yunus, S.R., & Ramlawati. (2021). Penerapan Virtual Lab PhET Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 27 Makassar. Skripsi.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.