Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Daring dengan menggunakan Konsep Fraud Diamond

Devita Asthary(1*), Abdul Muis Mappalotteng(2), Aminuddin Bakry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah dengan menggunakan teori fraud diamond mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa JTIK angakatan 2018, 2019, dan 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket atau kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi sederhana dana analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel tekanan (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) dengan nilai sig. 0,000; (2) variabel kesempatan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) dengan nilai sig. 0,000; (3) variabel rasionalisasi (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) dengan nilai sig. 0,000; (4) variabel kemampuan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) dengan nilai sig. 0,000; (5) tekanan (X1), kesempatan (X2), rasionalisasi (X3), dan kemampuan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) dengan nilai sig. 0,000 dan besar besar pengaruh sebesar 67,6 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tekanan (X1), kesempatan (X2), rasionalisasi (X3), dan kemampuan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (Y) mahasiswa JTIK FT UNM pada pembelajaran daring baik itu secara parsial maupun simultan.


Full Text:

PDF

References


Albrecht, W.S., et al., 2015. Fraud examination (5th ed.). USA: South-Western.

Apriani, N., Sujana, E., & Sulindawati, I., G., E. 2017. Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris : Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1), 121–133.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Becker, D' Arcy, et al., 2006. Using the business fraud triangle to predict academic dishonesty among business students. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 37–54. https://www.abacademies.org/articles/aeljvol10no12006.pdf#page=43

Darmayanti, N., Rosyida, I. A., & Irawan, G. A. 2020. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 3(2), 41–54.

Dewi, I. G. A. R. P., and Pertama, I. G. A. W. 2020. Perilaku kecurangan akademik mahasiswa Akuntansi: Dimensi Farud Diamond. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 221–234.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Murdiansyah, I., Sudarma, M., & Nurkholis. 2017. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. Akuntansi Aktual, 4(2), 121–133.

Prawira, I. D. M. S., & Irianto, G. 2018. Analisis pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa S1 jurusan akuntansi perguruan tinggi negeri kota malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(2), 1689–1699. http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article

Purnamasari, D. 2014. Analisis pengaruh dimensi Fraud Triangle terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada saat ujian dan metode pencegahannya. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Widianto, A., & Sari, Y. P. 2017. Deteksi kecurangan akademik pada mahasiswa D III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan model Fraud Triangle. J. AKSI (Akuntansi dan Sist. Informasi), 1(2007), 29–37.

Wolfe, D. T., & Hermanson, D. R. 2004. The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud. The CPA Journal, 74(12), 38–42.

Yuliani, M. 2020. Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.