Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Bantu Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Kompetensi Keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK Negeri 2 Maros

Muhammad Jauhar Nurdiansyah(1*), Aminuddin Bakry(2), Fhatiah Adiba(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis android sebagai media bantu pembelajaran pemrograman dasar kelas X Kompetensi Keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK Negeri 2 Maros, mengetahui kelayakan serta respon pengguna terhadap pengembangan game edukasi berbasis android sebagai media bantu pembelajaran pemrograman dasar kelas X SMK Negeri 2 Maros. Model pengembangan yakni Model ADDIE yaitu Analisys (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi. Pengujian menggunakan ISO 9126, dengan 2 ahli media dan materi serta 35 responden. Penelitian ini menghasilkan game edukasi bernama KASTROP (Klasifikasi Struktur Kontrol Program) yang memuat materi Kompetensi Dasar 3.6 tentang struktur kontrol percabangan dengan jenis game yang dikembangkan berbentuk quiz dan di-instal pada sistem operasi android,  game edukasi KASTROP yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan ISO 9126 dengan hasil penilain dari aspek efficiency penggunaan memori sebesar 2.5GB dan penggunaan CPU 60%, aspek portability 100%, aspek functionality 99.1%, aspek usability 84.2%. Kelayakan media dan materi game edukasi KASTROP dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan presentase 93.75% dan ahli materi 96.47%, respon pengguna terhadap game edukasi KASTROP dinyatakan sangat layak dengan persentase 84.2%.


Full Text:

PDF

References


Pratama, L. D., Baharuddin, A., & Lestari, W, “Game edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?”, J.Pendidikan. vol.5, pp. 39-50, 2019.

Sugiyono., “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2nd ed., Bandung: Alfabeta, 2019

Rahman, A. F. “Pengembangan permainan edukasi KATELU (klasifikasi komponen komputer) berbasis android dengan tools unity 3D game engine,” S.Pd. Skripsi. PTI., UNY., Yogyakarta., Indonesia, 2015.

Pengestu, R. A. “Pengembangan game pengenalan algoritma dengan visual block programming pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMKN 3 Soppeng menggunakan unity,” S.Pd. Skripsi. PTIK., UNM., Makassar., Indonesia, 2021.

Supriyono, Kadir, N., et al., “Penerapan ISO 9126 dalam pengujian kualitas perangkat lunak pada E-book”, J.Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol.11, pp.9-13, 2019.


Article Metrics

Abstract view : 355 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.