- About SEMNASICE
- Struktur Panitia
- Informasi Pembayaran
- Kontak
Pengembangan Kamus Fungsi Aplikasi CorelDraw Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Belajar Bagi Siswa Kompetensi Multimedia SMK Negeri 4 Soppeng
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan tanggapan pengguna terhadap kamus fungsi aplikasi CorelDraw berbasis Android sebagai alat bantu belajar bagi siswa kompetensi Multimedia di SMK Negeri 4 Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, survey, dan tes. Hasilnya berupa produk kamus fungsi aplikasi CorelDraw berbasis Android sebagai alat bantu belajar yang efektif, praktis, dan layak digunakan. Dilihat dari hasil pengujian kelayakan aplikasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kategori sangat layak. Pengujian kepraktisan aplikasi yang dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan kategori sangat praktis. Pengujian keefektifan aplikasi menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa. Serta untuk tanggapan pengguna mendapatkan tanggapan yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu belajar bagi siswa kompetensi Multimedia di SMK Negeri 4 Soppeng.
Full Text:
PDFReferences
Rusman (dkk), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2015
Rifati, Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning Pada perkuliahan Gelombang, Jurnal Pendidikan Fisika, 2015
Mutiawani, V, Aplikasi Kamus DwiBahasa Aceh-Indonesia Berbasis Java Untuk Telpon Genggam. Infomatika Unsyiah, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014
Rosen, Y, The effects of an animation-based on-line learning environment on transfer of knowledge and on motivation for science and technology learning. Journal of Educational Computing Research, 40(4): 451-467. 2009
Article Metrics
Abstract view : 26 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.