Pengembangan Kamus Fungsi Aplikasi CorelDraw Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Belajar Bagi Siswa Kompetensi Multimedia SMK Negeri 4 Soppeng

Muhammad Faozan Mulad Khalik(1*), Syamsurijal Syamsurijal(2), Abdul Wahid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan tanggapan pengguna terhadap kamus fungsi aplikasi CorelDraw berbasis Android sebagai alat bantu belajar bagi siswa kompetensi Multimedia di SMK Negeri 4 Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, survey, dan tes. Hasilnya berupa produk kamus fungsi aplikasi CorelDraw berbasis Android sebagai alat bantu belajar yang efektif, praktis, dan layak digunakan. Dilihat dari hasil pengujian kelayakan aplikasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kategori sangat layak. Pengujian kepraktisan aplikasi yang dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan kategori sangat praktis. Pengujian keefektifan aplikasi menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa. Serta untuk tanggapan pengguna mendapatkan tanggapan yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu belajar bagi siswa kompetensi Multimedia di SMK Negeri 4 Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Rusman (dkk), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Rifati, Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning Pada perkuliahan Gelombang, Jurnal Pendidikan Fisika, 2015

Mutiawani, V, Aplikasi Kamus DwiBahasa Aceh-Indonesia Berbasis Java Untuk Telpon Genggam. Infomatika Unsyiah, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014

Rosen, Y, The effects of an animation-based on-line learning environment on transfer of knowledge and on motivation for science and technology learning. Journal of Educational Computing Research, 40(4): 451-467. 2009


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.