Hubungan Antara Kontribusi Edukatif Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMKN 1 Sumarorong)

Tri Meylin Langimaindo(1*), Syahrul Syahrul(2), Fathahillah Fathahillah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kontribusi edukatif orang tua dengan prestasi belajar, (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, (3) hubungan kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar, (4) hubungan antara kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring (studi kasus siswa kelas XI SMKN 1 Sumarorong). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 49 siswa pada kelas XI TKJ tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial, analisis korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kontribusi edukatif orang tua dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0.480 kategori sedang. (2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan korelasi sebesar 0.601 kategori kuat. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0.293 kategori rendah. (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kontribusi edukatif orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, dengan  koefisien kolerasi (nilai R) sebesar 0.680 kategori kuat. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kontribusi edukatif orang tua (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y).


Full Text:

PDF

References


Umar, M. 2015. Peranan orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Ilmiah Edukasi, 1, 20, 25–27.

Nurul.H.2018. Hubungan antara kontribusi edukatif orangtua terhadap prestasi belajar murid kelas V SD Inpres Andi Tonro kecamatan tamale kota makassar.Skripsi.Makassar.Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Mawarsih, S,E., Susilaningsih., & Hamidi,N.2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Jumapolo.Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.1,no.3

Soewono, E. B. (2018). Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Ikraith -Infortmatika, 2(2), 3–6.

Iswahyuni, 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa.eprintsunm.

Rofiatu, N., & Fatmawati, E. 2020. Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIBA, 1.

Fahruri,R.F., Vinus, M., & Farrabanie, A.2016. Pengaruh Kontribusi Edukatif Orang Tua, Motivasi Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar(Studi pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sutojayan).Riset Pendidikan Ekonomi,1,4.

Adevita, M., & Widodo. 2021. Peran Orang Tua Pada Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 64–77.

Aisnatinnaba, N., & Sutoyo, A. 2016. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik. Indonesian Jurnal of Guidance and Counseling, 5.

Mawarsih,S,E., Susilaningsih., & Hamidi,N. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Jumapolo.Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.1,no.3

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.