Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi, Kesiapan, dan Prestasi belajar Siswa

Nur Annisa(1*), Muhammad Yahya(2), Ruslan Ruslan(3), Muh Yusuf Mappeasse(4), Sanatang Sanatang(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung penerapan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (2), pengaruh langsung penerapan pembelajaran daring terhadap kesiapan belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (3) pengaruh langsung penerapan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (4) Pengaruh langsung kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (5) pengaruh langsung kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (6) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Selayar dan (7) pengaruh penerapan pembelajaran daring dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa SMA Negeri 3 Selayar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis jalur atau path analysis menggunakan program microsoft excel dan SPSS. Hasil penelitian ini ditemukan sebagai berikut: (1) penerapan pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (2) penerapan pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (3) Penerapan pembelajaran daring berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (4) kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (5) kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (6) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar, (7) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran daring dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Selayar.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual. Departemen Pendidikan Nasional.

Isman, M., & Hanafi, M. (2016). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 1, 548–555.

Kuncoro, E., & Riduwan, M. B. A. (2012). Cara mudah menggunakan dan memaknai path analysis. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Soejanto, A. (1990). Bimbingan Kearah Belajar Sukses. Aksara Baru.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Umboh, E., Kepel, B., & Hamel, R. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1)

Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.