Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Makassar pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Corel Draw

Putri Anitasari R(1*), Sanatang Sanatang(2), Muhammad Riska(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pada hasil belajar dan keaktifan serta tanggapan siswa setelah penggunaan aplikasi Corel Draw pada mata pelajaran dasar desain grafis pada kelas X kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Makassar. Aplikasi Corel Draw yang dimaksud adalah perangkat lunak olah grafis berbasis vektor yang memungkinkan pengguna mengelola grafis tanpa di batasi seberapa besar ukuran objeknya. Sedangkan yang dimaksud hasil belajar adalah kemampuan yang dicapai oleh peserta didik dalam ranah kognitif dan psikomotorik setelah menerima tindakan berupa pengalaman belajar Dasar Desain Grafis dengan menggunakan aplikasi Corel Draw. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Makassar. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, instrument tes dan instrumen penilaian aspek keterampilan. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus maka diperoleh peningkata n hasil belajar sebesar 23% pada siklus I dan 38% pada siklus II. Pada keaktifan belajar terjadi peningkatan sebesar 27,3 % dan Siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Makassar menganggap bahwa aplikasi Corel Draw sesuai digunakan pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharismi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya

B. Uno, Hamzah. (2008). Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Dapodik. (2022). Data Pokok SMKN 3 Makassar. Diakses dari:https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/6B28AA3320C3EDD649F1

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Efendi, Defindo. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Tim Penerbit Universitas Negeri Padang.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Kuswanto, Joko. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol.6 No.2, 78-84

Lubis, Mhd. Dicky Syahputra, dkk. (2020). Analisis Desain Grafis Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Software Corel Draw. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK). Vol.4 No.2, 89-99.

Mahmud & Tedi Priatna. (2008). Penelitian Tindakan kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pramuaji, Alfianto & Muhammad Munir. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Elinvo (Electronocs, Informatics, and Vocational Education). Vol.2 No.2, 183-189.

Rajagukguk, Pahala BP, dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skills) pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Jurnal TIK dalam Pendidikan. Vol.6 No.2, 155-168.

Sihombing, Danton. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta

Suarbawa, I Putu. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Corel Draw untunk Meningkatkan Hasil Belajar di Ranah Psikomotor. Indonesian Journal of Educationan Research and Review. Vol.2 No.2, 162-171.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukayati. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. PPPPTK.

Sulianta, Feri.(2014) Corel Draw Untuk Pemula. Jakarta: Alex media Komputindo.

Wardhani, I. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka.

Widoyoko. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Eka Putra


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.