Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK di SMPN 2 Sungguminasa Gowa

Firdayanti Firdayanti(1*), Yunus Tjandi(2), Mustari Lamada(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Project-Based Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK di SMPN 2 Sungguminasa Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua Siklus yaitu masing-masing Siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 21 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data dengan cara mencari rata-rata dan persentase sesuai dengan kategorinya.  Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa bahwa Project-Based Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan rata-rata siswa selalu mengalami peningkatan dari tes kemampuan awal 56.19, siklus I meningkat 69.76 dan siklus II menjadi 82.62. Dan juga Project-Based Blended Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dilihat dari lembar observasi di tiap pertemuan mengalami peningkatan di tiap siklusnya..


Full Text:

PDF

References


Sagala, Syaiful., 2012. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Putri, S. U., & Hendawati, Y. 2018, Blended project based learning: Strategy for improving critical thinking of pre-service teachers in science education. InProceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 152-157).

Mustari S. Lamada, Sugeng A. Karim. 2017. Analisis Kebutuhan PBL Pada Mata Kuliah Pemrograman Web. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Jumadin, J, Abdal, N.M., Ashari, H. and Sulaiman, D.R.A., 2021. Perbandingan hasil belajar face to face dan online learning mahasiswa Fakultas Teknik selama pandemi covid-19. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), pp.111-121.


Article Metrics

Abstract view : 407 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.