PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) PADA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGRI 11 ENREKANG (STUDI PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI OKSIDASI)

Nur Jaya(1), Army Auliah(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.32499

Abstract


This study is quasi-experimental research which aims to determine the effect of using peer tutoring method in discovery learning model toward students learning achievment of class X MIA SMA Negeri 11 Enrekang. The study design is “posttest-only control group design”. The population are all students of class X MIA SMA Negeri 11 Enrekang which consists of two classes. The sampling technique is simple random sampling. The samples are class X MIA 2 as experiment class which consists of 33 students and X MIA 1 as control class which consists of 35 students. The independent variables of study are the peer tutoring mothod in discovery learning and the discovery learning model without the peer peer tutoring, while the dependent variable is the learning achievement of the student’s. The Learning achievement data obtained from the post test were analyzed using desciptive statistics and inferensial statistics. The result of the analysis shows that the average learning achievment of the student's on experiment class is 76,71 and control class is 68,44. Result of hypothesis test by using Mann-Whitney test (non the-paramertrik test) obtained Zcount (1,94) greater than Ztable (1,64) indicating that H1 is accepted. It shows that there is an effect of using peer tutoring method in discovery learning model toward students learning achievement.

Keywords


Peer Tutoring Method, Discovery Learning Model, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Anas., Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Apasuruang : Penerbit CV. Pustaka Hulwa.

Arikunto., Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arjanggi., Ruseno. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness Of Peer Tutoring Method On Self-Regulated Learning Abstract. Vol. 14. No. 2.

Dahar., Ratna Wilss. 1996. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Ernawati.,Yusfia, R. 2017. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning, Media Pembelajaran Power Point dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS. Vol. 1. No. 11.

Febianti, YN. 2014. Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic. Vol. 2. No. 2.

Friani., Ayu, S., Suharman,A ., dan Effendi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Dikelas XI IPA SMA Srijaya Negara Pelembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. Vol. 1. No. 3.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamdayana., Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendriansyah., Dede., Milyartini, R., and Engkur, K. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Ornamen Suling Lubang Enam (Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 4 Subang ).

Hosnan. M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jusniar. 2009. Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2015. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnianto, H., Mohammad Masykuri., Sri Yamtinah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Prestasi dan Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal pendidikan kimia (JPK). Vol. 5. No. 10.

Kurniasih., Imas., Sani., Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Peneraopan. Surabaya: Kata Pena.

Musfiqon., Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurdin, H. 2012. Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Self-efficacy Siswa Kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Palu Sidrap. Jurnal Chemica. Vol. 1 No. 3.

Nurpaidah, S. 2016. Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Kimia (Oksidasi Reduksi) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone Melalui Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya. Jurnal Chemica. Vol. 17.

Saumi, Marhamah and K. W. Anom. n.d. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X . A SMA.

Side, S., Hardin, Tanrere, M. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sisiwa Kelas XI IPA6 SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Chemica. Vol. 14. No. 1.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2009. Implementasi metode tutor sebaya dalam upaya meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII-2 SMP Negeri 101 jakarta. Jakarta: Dinas pendidikan dasar kota Administrasi.

Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish.

Suprijadi, Didi. 2010. Pengaruh Tutor Sebaya Terhadaap Hasil Belajar. Jakarta. 3 (2).

Susetyo, B. 2010. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wahyudi, Siswanti, Mia Christy. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik melalui Metode Discovey Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria. Vol. 3. No. 5.

Widiadnyana I W., Sadia I W., Suastra I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa ProgramStudi IPA. Vol. 4.

Yasin, Mohamad. 2016. “Http://efektor.unpkediri.ac.id. 28.” 2(1):28–32.

Yulianingtyas, E., Budiasih, E., Marfuah, S. 2017. Pengaruh Penggunaan jurnal Belajar dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 6E Terhadap kesadaran Metakognitif Siswa SMAN 8 Malang pada Materi Redoks. Jurnal of Education. Vol. 2. No. 5


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats