Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ChemEdu?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk bagi (Calon) Penulis
ChemEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia



  1. Artikel yang ditulis untuk ChemEdu meliputi hasil penelitian dalam bidang pendidikan Kimia dan hasil telaah pustaka (hanya atas undangan). Naskah, diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts , dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 30 halaman.

  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris (untuk mahasiswa ICP FMIPA UNM). Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta daftar pustaka.

  3. Judul artikel ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), huruf kapital dengan ukuran 14 pts dengan posisi center.

  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail di bawah tulisan nama penulis. Posisi nama penulis dan alamat korespondensi adalah center.

  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak 75-200 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.

  6. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.

  7. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.

  8. Bagian hasil penelitian memuat paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi penjelasan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian yang sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.

  9. Bagian kesimpulan berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf.

  10. Daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa rujukan terbitan 5 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat dalam ChemEdu disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.

  11. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Universitas Negeri Makassar, 2010) atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.

  12. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat hasil kutipan. Contoh: (Bernard, 2000:123).

  13. Pustaka acuan disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.


Buku:
Anderson, D.W.; Vault V.D.; & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.
Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds), Children’s informal Ideas in Science (hIm. 62-84). London: Routledge.
Artikel dalam jurnal atau majalah:
Andi Tenri Tayu, Alimin & Sugiarti. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 3 Bantaeng. Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia. 2(2): 12-15.
Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.
Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Republik lndonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional 1990. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya.
Buku terjemahan:
Ary, D.; Jacobs, L.C.; & Razavich, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Peflelitian:
Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.
Makalah seminar, Iokakarya, penataran:
Waseso, MG. 2001. isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.
Internet (karya individual):
Hitchcock, S.; Can, L; & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1 995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).
Internet (artikel dalam jurnal online): 
Aldiansah, A.F., Muhammad Anwar & Sumiati Side. 2021. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pertemuan dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 10 Gowa. (Online), Volume 2, No.2, (https://ojs.unm.ac.id/ChemEdu, diakses 20 September 2021).
Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAlN@ubvm.cc.buffalo.edu,diakses 22 November 1995).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah diterbitkan sebelumnya atau belum pernah submit pada jurnal lain
  2. File artikel dalam bentuk format Microsoft Word
  3. Naskah telah sesuai dengan template chemedu yang tersedia
  4. Penulis bersedia mengikuti semua proses penyuntingan. Jika penulis ingin menghentikan proses, penulis harus memberi tahu editor dengan email untuk penarikan artikel.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Biaya Publikasi (Mahasiswa UNM): 200000.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Biaya Publikasi (Umum): 300000.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 0.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will not be asked to pay an Article Publication because it is include in article submission fee.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.