KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI DENGAN HURUF LONTARAQ

Muliati Muliati(1*),

(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi dengan Huruf Lontaraq Siswa Kelas VII SMPN 3 Camba Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis wacana argumentasi dengan huruf Lontaraq Siswa Kelas VII  SMPN 3 Camba Kabupaten Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Camba Kabupaten Maros tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 137 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa. Penarikan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan cara undian. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik penugasan.Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis wacana argumentasi dengan huruf lontaraq siswa kelas VII SMPN 3 Camba Kabupaten Maros di kategorikan belum mampu. Hal ini dibuktikan dari kemampuan siswa sampel yang memperoleh nilai 75 ke atas tidak mencapai kriteria tingkat kemampuan siswa sampel yaitu 85%.

 


Keywords


kemampuan, menulis, wacana, argumentasi, huruf Lontaraq.

Article Metrics

Abstract view : 33 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muliati Muliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id