KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “TRAUMA” KARYA BOY CHANDRA (SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Al Munawarah Al Munawarah(1*), Anshari Anshari(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Trauma Karya Boy Candra, Sebuah Pendekatan Psikologi Sastra Abraham Maslow. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasikan dan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan konflik batin tokoh utama dalam novel Trauma karya Boy Candra (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik batin yang di alami tokoh utama dalam novel Trauma karya Boy Candra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Trauma karya Boy Candra, yang diterbitkan pertama kali oleh Mediakita, pada tahun 2020 dan berjumlah 143 halaman. Data dalam penelitian ini adalah teks yang berupa kata atau kalimat yang menunjukkan konflik batin tokoh utama dalam dalam novel Trauma karya Boy Candra, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra dengan menggunakan teori Humanistik Abraham Maslow. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca dan mencatat. Tahapan analisis data yang dilakukan yaitu membaca semua bagian teks dalam novel Trauma, menggarisbawahi dan mencatat data yang berkait konflik batin tokoh utama dalam novel Trauma dengan psikologi sastra, mengklasifikasikan data yang menunjukkan faktor penyebab konflik batin tokoh utama dengan menggunakan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow, membuat simpulan dari analisis dan intrepretasi yang sudah dilakukan. Hasil penelitian ini adalah pertama, adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi seperti kurangnya kasih sayang, kurangnya penghargaan, serta tidak adanya kesempatan untuk mengaktualisasikan diri. Kedua, adanya faktor penyebab konflik batin tersebut dapat berpengaruh pula pada bentuk konflik batin dalam diri tokoh utama. Bentuk konflik batin meliputi timbulnya rasa trauma, cemas, marah, takut,  kebimbangan, kecewa, dan rasa bersalah. 


Full Text:

PDF

References


A.Teeuw.(1921). Sastra dan Ilmu Sastra : Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.(2017).

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. (N. R. Hariati, Ed.) Surabaya: Unesa University press.

Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra (perspektif monodisplinerdan interdisipliner). (N. R. Hariaty, Ed.) Gresik: Graniti.

Gervasi, S. Karakter Tokoh Naskah Film The Terminal Karya Sacha Gervasi Dan Jeff Nalham (Tinjauan Psikologi Sastra).

Asmillah, L. N., Nensilianti, N., & Syamsudduha, S. (2021). Mekanisme Pertahanan Ego Tokoh Sentral Sebagai Penagaruh Budaya Patriarki Dalam Film Kim Ji-Young, Born 1982. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 178-192.

Anufia, T. A. (2019). Intrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). 1-19.

Destinawati, A. (2012). konflik tokoh utama dalam novel sebuah cinta yang menangis karya Herlinatiens. Skripsi1. Program Studi Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

J. C. dkk. (2019). Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fitrhati: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, volume. 3, nomor. 4, 413-419.

L. S., dkk. (2014, Agustus). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(3).

Kosasih. (2013). Dasar- Dasar Ketrampilan Bersastra. (Y. Widya, Ed.)

Kuncoro, A. S. (2021, Agustus 25). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel "Rengat". Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro.

Kurniawan, A. (2021, Mei 4). Sastra : Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi, Ciri Dan Unsur Sastra. gurupendidikan.

M.Prawiro. (2018, November 21). Pengertian Novel: Ciri-Ciri, Unsur, Struktur, dan Jenis-Jenis Novel. maxmanroe.

Meigita, E. (2016). Konflik Batin Tokoh Mei Rose dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia (Kajian Psikologi Sastra Kurt Lewin). Skripsi1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 1-7.


Article Metrics

Abstract view : 708 times | PDF view : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Munawarah Al Munawarah, Anshari Anshari, Hajrah Hajrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: [email protected]


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License