REALISASI FONEM PENUTUR BAHASA BUGIS DAN BAHASA MAKASSAR

Andi Sahtiani Jahrir(1*), Muhammad Tahir(2),

(1) UNM
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Realisasi Fonem Penutur Bahasa Bugis dan Bahasa Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola realisasi fonem penutur bahasa Bugis dan bahasa Makassar yang sering terjadi dalam komunikasi yang cenderung menggabungkan struktur bahasa Indonesia dengan Bahasa daerahnya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis realisasi fonem. Data dalam penelitian ini adalah Ibu Siti Alang dan Venny sebagai penutur bahasa daerah Bugis dan Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil teks dari internet, kemudian teks tersebut dibaca oleh penutur asli bahasa Bugis dan bahasa Makassar dengan teknik catat dan rekaman. Hasil rekaman tersebut ditranskripsi untuk melihat fonem dan dibandingkan dengan hasil analisis realisasi fonem bahasa Indonesia. Hasilnya adalah ada perbedaan dari ucapan standard bahasa Indonesia yang didaftarkan sebagai pola ucapan penutur bahasa Bugis dan Makassar di atas. Pola realisasi fonem diubah seperti berikut: /ʔ∙/ → [t'] / semua lingkungan, /f/ → [Ø] / semua lingkungan, /ə/ → [ɛ] / semua lingkungan (?), dan /n/ → [ŋ] / semua lingkungan


Keywords


realisasi fonem, bahasa Makassar, bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


De Leon, P. L., Stewart, B., & Yamagishi, J. (2012). Synthetic speech discrimination using pitch pattern statistics derived from image analysis. Interspeech, 370–373.

Ezeodili, S. (2019). Interference Linguistique dans la Production Ecrite des Apprenants du Francais Langue Etrangere–Cas des Etudiants de Nnamdi Azikiwe University, Awka. AFRREV IJAH: An International Journal of Arts and Humanities, 8(3), 51–60.

Harris, Z. S. (1970). Simultaneous components in phonology. In Papers in Structural and Transformational Linguistics (pp. 3–31). Springer.

Medane, H. (2015). L’interférence comme particularité du «français cassé» en Algérie. TIPA. Travaux Interdisciplinaires Sur La Parole et Le Langage, 31.

Muslich, M. (2008). Fonologi bahasa Indonesia: Tinjauan deskriptif sistem bunyi bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Sirbu, A. (2015). Language Interference Triggered by Bilingualism. Scientific Bulletin" Mircea Cel Batran" Naval Academy, 18(1), 374.

Twaddell, W. F. (1935). On defining the phoneme. Language, 11(1), 5–62.

Weinreich, U. (2010). Languages in contact. De Gruyter Mouton.


Article Metrics

Abstract view : 222 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Sahtiani Jahrir, Muhammad Tahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License