BENTUK DAN MAKNA SIMBOLIK TRADISI ADAT KALOMBA PADA KAJANG LUAR (TEORI SEMIOTIKA PEIRCE)

Ulfaningsi Ramadani(1*), Kembong Daeng(2), Asia M(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Bentuk Dan Makna Simbolik Yang Terkandung Dalam Tradisi Adat Kalomba Pada Suku Kajang Luar (Teori Semiotika Pierce). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan makna simbolik tradisi adat Kalomba menggunakan teori Semiotika Pierce di dalam teori tersebut terdapat ikon, simbol dan indeks. Data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Benda dan makanan yang terdapat pada tradisi Kalomba yaitu Ikon (1)Pakdupang (Dupa), (2) Kampalo,(3) Ketupat, (4) Jangang  kampong (Ayam kampung). Indeks (1) Babbasa (percikan air suci), (2) Tunrung Tallua (3) Anrio anak (memandikan anak), (4) Berasa (Beras), (5) Ere lalang tampak  (Air dalam wadah). Simbol (1) Dumpi eja (Kue merah) (2) Kanre patang rupa (Nasi empat macam), (3) Ruhu-ruhu (Rambut nenek), (4) Lemo (Jeruk bali) (5) Kaluku lolo (Kelapa muda).


Keywords


mana, symbolic, kalomba

Full Text:

PDF

References


Akib, Yusuf. 2003. Potret Manusia Kajang. Makassar: Pustaka Refleksi.

Danadjaja, James.1988. Folklore Indonesia, Ilmu Gossip, Dongeng, dan Lain- lain. Jakarta: Temprint.

Astiana, 2001. “Analisis Makna Simbolik Pada Proses Perkawinan Bugis di Kecamatan Mare Kabupaten Bone (Kajian Semiotika)”. Skripsi. Makassar: FBS UNM

Bahri, Syamsul. 2013 “Tunrung tallu dalam ritual Kalomba Desa Tanah Toa di Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba”. Jurnal. Makassar.

Daeng, Juma. 2014. Kajang ”Pecinta Kebersamaan dan Pelestarian Alam”. ArusTimur. Makassar.

Elfrianto, E. (2020). Budaya mutu dalam menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Hartati. 2006. “Tentang Makna Simbolik attompolok adat Makassar di Desa Panrannuangku, Kabupaten Takalar”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Koentjaranigrat, dkk.2004. Manusia dan Kebudayaan Di Indonesia, Jakarta: Jembatan.

Lathief, Halilintar, 2014. Berkunjung ke Pusat Bumi : Kajang. Padat Daya: Yogyakarta.

Moleng. Lexy, J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulhern, Francis. 2010. Budaya, Metabudaya. Yogyakarta: Melasutra.

Nurhaedah, Siti. 2015. Nilai Religius yang terkandung dalam Sinrilik Bosi Timurung I Balu Janda. Skripsi. Fakultas dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Nursyam, Tradisi Adat Kalomba Sebagai Penguatan Identitas Masyarakat Kajang Luar jurnal http://eprints.unm.ac.id/11050/nursyam. Diakses pada tanggal 22 Februari 2020

Pratama, R. (2020). Ekspresi Keagamaan Kaum Muslim di Hamtramck dan Beberapa Perspektif Budaya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(1), 23-31.

Raga Maran, Rafael. 2007. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, mustika. 2015. Makna Simbolik Attompolok. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Sundjaya. (2008). Dinamika Kebudayaan. Jakarta: Nobel Edumedia.

Syam, indah, lisa. 2017. Pergeseran Makna Tradisi Kalomba Bagi Komunitas Kajang dalam Tanah Toa di Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Teng, H. M. B. A. (2017). Filsafat kebudayaan dan sastra (dalam perspektif sejarah). Jurnal Ilmu Budaya, 5 (1 Juni).


Article Metrics

Abstract view : 500 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulfaningsi Ramadani, Kembong Daeng, Asia M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License