ANALYSIS OF STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS IN CLASS XI AKL 1 SMK NEGERI 4 MAKASSAR
(1) Sawerigading of Makassar University
(2) Sawerigading of Makassar University
(3) Universitas Kristen Indonesia Toraja
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jdm.v10i3.41846
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abid, Mokhammad Misbakhul, and Endah Budi Rahaju. "Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive." MATHEdunesa 7.2 (2018): 340-349.
Djawa, Yantina Leba, et al. "KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HIMPUNAN." Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3.1 (2022): 116-122.
Hardani, Isriani, and Dewi Puspitasari. "Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi)." Familia (Group Relasi Inti Media), Yogyakarta (2012).
Khasanah, Ummi, and M. Pd Sutama. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
Men, Fulgensius Efrem. "Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika." Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 9.1 (2017): 35-42.
Ngaenah, Ngaenah. "PENGGUNAAN TEKNIK PIRAMIDA “PAKSABAR” GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD." PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2019. 2019.
Noor, Naili Luma’ati. "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Implusif dan Reflektif." Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 2.1 (2019): 37-46.
Perkins, C. and Murphy, E. 2006. Identifying And Measuring Individual Engagement In Critical Thinking In Online Discussions: An Exploratory Case Study. Educational Technology & Society, 9 (1)
Rasiman, Rasiman. "Penelusuran proses berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika bagi siswa dengan kemampuan matematika tinggi." Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang 3.1 (2012): 176778.
Rifqiyana, 2015, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pembelajaran Model 4k Materi Geometri Kelas Viii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Saputra, Hardika. "Kemampuan Berfikir Kritis Matematis." Perpustakaan IAI Agus Salim 2 (2020): 1-7.
Shadiq, Fajar. "Bagaimana cara mencapai tujuan pembelajaran matematika di SMK." Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika (2008).
Soehardi, 2003. Esensi Perilalu Organisasional. Yogyakarta: Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa
Wibowo, Ari. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Pepatudzu, Jilid 15, Terbitan 1 (2019).
Wibowo, Ari. Implementasi Standar Proses dan Dampak Kognitifnya dalam Pembelajaran Matematika oleh Guru yang Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jilid 7, Terbitan 1 (2019).
Article Metrics
Abstract view : 193 times | PDF view : 70 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Arhy Wibowo Hikmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/