Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 22 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi)

Andi Mustika Ayu(1), Muhammad Danial(2*), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.61367

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 22 Makassar pada materi pokok laju reaksi. Desain penelitian yang digunakan adalah “posttest-Only Control Group Design”. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran konvensional dengan variabel terikatnya yaitu hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu 70,94 dan kelas kontrol yaitu 53,17. Uji-Mann-Whitney diperoleh nilai Zhitung = 4,80 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena Zhitung > Ztabel maka H0 ditolak. Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 22 Makassar studi pada materi pokok laju reaksi.


ABSTRACT
This research is quasi-experimental research which aims to determine the influence of guided inquiry learning model with a scientific approach to the learning outcomes of Class XI MIA students of SMA Negeri 22 Makassar Study on reaction rate subject. The research design used was "Posttest-Only Control Group Design". The independent variable are a guided inquiry learning model with a scientific approach and conventional learning model while the dependent variable is learning outcomes of students in the material reaction rate. Learning outcomes data carried out by giving learning outcome test. The average value of the learning outcomes of the experimental group students is 70.94 and the control group is 53.17. The results of Mann-Whitney test, obtained a Z(cal;0,05) = 4.80 and Ztable = 1.64. Therefore, Zcalculate > Ztable, so H0 is rejected. It is concluded that there is an influence of guided inquiry learning model with a scientific approach to the learning outcomes of students of class XI MIA SMA Negeri 22 Makassar study on reaction rate subject.

Keywords


inkuiri terbimbing, pendekatan saintifik, hasil belajar, laju reaksi.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://www.komisiinformasi.go.id/regulasi/download/id/101.

Fadila, R., Masriani., Rody P.S. 2016. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dalam Materi Larutan Penyangga Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5 No. 11.

Fitria, L. 2013. Perbedaan Persiapan Siswa yang Hasil Belajar Tinggi dan Rendah dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 1 No. 2.

Hanafiah, S. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hisyam, Z., Bernawy M., Sekar A. A. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurukulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Indah,Y.A.S dan Utiya A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIA 5 SMAN 3 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education. Volume 3 No. 3.

Nurdyansyah dan Eni F. F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sadia, I.W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivitik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suseno, H. 2016. Penerapan Model Inquiry Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Abstrak Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sma. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). Volume 4.No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats