Pengaruh Metode Brainstorming dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Yeni Isra Anjasari(1), Muh. Yunus(2*), Jusniar Jusniar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.50522

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi larutan penyangga. Menggunakan desain yaitu Posttest only control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampelnya adalah XI MIPA 1 sebagai kelas eksprimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang ditetapkan secara random sampling. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 81,01 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 74,38. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen, tetapi tidak terdistribusi normal sehingga dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode brainstorming dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi larutan penyangga.

Keywords


metode brainstorming, model discovery learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arens, Richad I. 2008. Learning Ro Teach. New York: McGraw-Hill.

Eva, Marlina Ginting. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kelompok Investigasi(Group Investigation) Dengan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI Semester Genap Di SMA Negeri 1 Parbuluan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Medan. 2(2).

Hosnan. M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor : Ghalia Indonesia.

Kadri, Muhammad.,dan Meika Rahmawati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan.1(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). http://p3g.unm.ac.id.

Nurhasanah dan Djukri. 2019. Keefektektifan Model Discovery Learning dengan Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 4(5).

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. 2013. Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Winarti, I. S. 2001. Optimalisasi Peran Laboratorium Sebagai Upaya Menyiapkan Pembelajaran Kimia di SMA dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.7(30).


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats