Pengaruh Metode Brainstorming dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.50522
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arens, Richad I. 2008. Learning Ro Teach. New York: McGraw-Hill.
Eva, Marlina Ginting. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kelompok Investigasi(Group Investigation) Dengan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI Semester Genap Di SMA Negeri 1 Parbuluan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Medan. 2(2).
Hosnan. M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor : Ghalia Indonesia.
Kadri, Muhammad.,dan Meika Rahmawati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan.1(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). http://p3g.unm.ac.id.
Nurhasanah dan Djukri. 2019. Keefektektifan Model Discovery Learning dengan Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 4(5).
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. 2013. Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Winarti, I. S. 2001. Optimalisasi Peran Laboratorium Sebagai Upaya Menyiapkan Pembelajaran Kimia di SMA dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.7(30).
Article Metrics
Abstract view : 77 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats