Pengaruh Kuis dengan Media Wordwall dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Makassar (Studi pada Materi Senyawa Hidrokarbon)

Ajmir Dwi Nugraha(1), Muhammad Danial(2*), Sumiati Side(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.46178

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuis dengan media wordwall dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Makassar tahun ajaran 2022/2023 pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Makassar yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Variabel bebasnya adalah penggunaan kuis dengan media wordwall dalam model discovery learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi senyawa hidrokarbon. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil balajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis statistik diskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik disriptif diperoleh rata – rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen 85 dan kelompok kontrol 79,3. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen dan terdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Thitung > TTabel (21,52 > 2,042). Hal ini menujukkan bahwa pemberian kuis dengan media wordwall dalam model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 3 Makassar pada materi pokok senyawa hidrokarbon.

Keywords


Kuis, Wordwall, Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. 2018. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 2(1).

Danial, M., Gani, T., & Husnaeni. 2017. Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik. Journal of Educational Science and Technology, 3(1). 18-32

Mahrun, N. 2018. Implementasi pembelajaran onlinr dan optimalisasi pengelolah pembelajaran berbasis online dipendidikan tinggi islam dalam mewujudkan world class university. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1). 29-36

Savitri., dan Kusnarto. 2021. Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal International Seminar on Language, Education, and Culture. 31(1)

Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati, P. O. 2017. Pemberian kuis di awal pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan dan hasil belajar siswa kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2).

Sudjana, N. 1999. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Sumiati, S., Sulastry, T., & Supardi, R. 2017. Pengaruh pemberian kuis di awal pembelajaran pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas x smk negeri 2 pare-pare (studi pada materi pokok ikatan kimia). Jurnal Chemical. 18(1).


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats