Pengaruh Media Chempuzzle pada Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Soppeng (Studi pada Materi Pokok Hidrolisis Garam)

Rahimah Rahmah(1), Taty Sulastry(2*), Pince Salempa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.37464

Abstract


Rahimah Rahmah, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media chempuzzle pada model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Soppeng studi pada materi pokok hidrolisis garam. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Soppeng yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelompok eksperimen yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelompok kontrol adalah XI MIPA 2. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 80,62 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 70,85. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik, Mann-Whitney dengan ∝ = 0,05 diperoleh Zhitung>Ztabel (3,10 >1,64). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media chempuzzle pada model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Soppeng studi pada materi pokok hidrolisis garam.

Keywords


chempuzzle, learning Cycle 5E, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Agung, S. 2014. Indikator Alami di Sekitar Kita. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Putri Kumala dan Nia Budiana. 2018. Media Pembelajaran Bahasa: AplikasiTeori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, N. 2009. Kimia 2 Untuk SMA dan MA kelas XI IPA. Jakarta: Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kartiani, B. S. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Kabupaten Lombok Barat Ntb. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6 (2).

Kurniati, Sri., Erviyenni & Johni, A. 2016. Penggunaan Media Chem Puzzle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 5 No.1.

Oka, Gede Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Pramudiani, H., Tuti, W., dan Endah, P. 2014. Penerapan Pendekatan Accelerated learning Disertai Media Puzzle Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education. Vol 3 (2).

Ratna Nuraeni. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Chem Puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 4 (1).

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats