Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 19 Gowa (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Elektrokimia)

Nuraeni Rahman(1), Ramdani Ramdani(2*), Alimin Alimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.36813

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 19 Gowa pada materi pokok reaksi redoks dan elektrokimia studi tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XII MIA SMA Negeri 19 Gowa yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XII MIA4 sebagai kelompok eksperimen dan XII MIA2 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan memberikan strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa pemberian strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model pembelajaran problem based learning. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari soal pilihan ganda. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,36 dan 65,76. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen tidak terdistribusi normal, sedangkan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukan uji non-parametrik (uji Mann-Whitney). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung= 2,67 pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu Zhitung> Ztabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran tipe active knowledge sharing dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik.

ABSTRACT
This research is experimental research with quasy experiment method which aims to know the effect of the learning strategy of active knowledge sharing type in problem based learning model towards learning outcomes of class xii students SMA Negeri 19 Gowa on subject matter redox reactions and electrochemistry the academic year 2018/2019. The research design used was posttest-only control group design. The population of this study is the students of class XII SMA Negeri 19 Gowa consisting of five classes. Sampling is done randomly (random sampling). The classes selected as the research sample were class XII MIA4 as experimental group and XII MIA2 as control group. The experimental group is taught by giving learning strategy of active knowledge sharing type in problem based learning model and control group which is learned without learning strategy of active knowledge sharing type in problem based learning model. Data removal by learning outcomes test consisting of multiple choice questions. Learning outcomes data obtained were analyzed by using descriptive and inferential statistics. The results of the descriptive statistical prerequisite analysis show the average posttest value of the experimental class and control class students is 76.36 and 65.76. The results of inferential statistical analysis show that the data in the experimental class are not normally distributed, while the control class is normally distributed and has a homogeneous variance, so non-parametric test (Mann-Whitney test) are carried out. Result of hypothesis test by using mann-whitney test obtained value of Zcount = 2.67 at level of trust 0.05 obtained Ztable = 1.64. Therefore Zcount > Ztable means H0 unaccepted and H1 accepted. It shows that there is effect of the learning strategy of active knowledge sharing type in problem based learning model towards learning outcomes.

Keywords


Problem based learning, active knowledge sharing, reaksi redoks dan elektrokimia.

Full Text:

PDF

References


Arends. 2008. Learning to teach, Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Pinkan A. Prasasti. 2012. Pengaruh Penerapan Stategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 2 Karanganyar, Jurnal Pendidikan Biologi Tahun 2012.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Watoni, A. Haris. 2006. Kimia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Edisi Revisi. Bandung: Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats