Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 14 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Halimah Husain(1*), Netty Herawati(2), Nur Asriani M(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.36786

Abstract


ABSTRAK
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri termbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar sebanyak 5 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 orang dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga berupa post test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 85,46 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 77. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdistribusi normal serta berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,25 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 2 diperoleh nilai ttabel = 1,64 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 14 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.


ABSTRACT
This quasi-experimental research aimed to determine whether there was an effect of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of students in class XI MIA SMAN 14 Makassar. The variables in this research were guided inquiry as to the independent variable (X) and learning outcomes as the dependent variable (Y) on the subject matter of the buffer solution. The populations in this research were all of the students in XI MIA SMAN 14 Makassar as many as 5 classes, while the sample was students class in XI MIA 2 as an experimental group with 26 students and class XI MIA 3 as a control group with 27 students. The research data were obtained by providing the learning outcome test on the subject matter of the buffer solution in the form of a post-test. Based on the results of descriptive analysis, the average learning outcomes of the experimental group were 85,46 higher than the control group, namely 77. The results of inferential statistical analysis on the student learning outcomes showed that the data in the experimental group and control group were normally distributed and came from a homogeneous population. The reasult of hypothesis testing using the t-test obtained the value of tcount = 2,25 at the significant level α = 0,05 with dk = 2, the value of ttable = 1,64 was obtained Because tcount is greater than ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected . Based on the results of the study, it was concluded that the guided inquiry learning model affected the learning outcomes of the students in class XI MIA SMAN 14 Makassar on the subject matter of the buffer solution.

Keywords


Inkuiri Terbimbing, hasil belajar, larutan penyangga

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibdu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Amijaya, Lalu Sunarya, Agus Ramdani & Wayan Merta. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal MIPA. Vol. 13 No. (2). FMIPA FKIP Universitas Mataram.

Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadila, Rismayana, Masriani, & Rody Putra Sartika. 2018. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dalam Materi Larutan Penyangga Siswa SMA. Jurnal MIPA. Pendidikan Kimia FKIP Untan.

Qomaliyah, Eka Nurul, Sukib dan I Nyuman Luka. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal MIPA. Vol. 11 No. (2). FMIPA FKIP Universitas Mataram.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada Media Group.

Varantika, Novanda. Eko Budi Susatyo dan Woro Sumarni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Aspek Pengetahuan pada Materi Hidrolisis-Buffer. Jurnal Kimia. Vol.7 No. (1). FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, Kurnia & Sunarya, Y. 2013. Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. Vol.1 No. (1).


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats