Pengaruh Permainan Truth Or Dare Pada Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Termokimia)

Hardianti Hardianti(1), Muhammad Anwar(2*), Muhammad Syahrir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.36783

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan truth or dare pada model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang pada materi termokimia. Penelitian ini dilakukan secara daring. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dimana kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 27 orang. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes akhir hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control berturut turut sebesar 76,65 dan 63,46. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney menunjukkan bahwa Zhitung (α ,0,05) = 3,156 lebih besar dibanding Ztabel (α ,0,05) = 1,64. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan truth or dare pada model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang pada materi pokok termokimia.


ABSTRACT
This research is a quasi-experimental research which aims to determine the effect of truth or dare games on the problem based learning model on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMAN 10 Pinrang on the subject matter thermochemical. This research is conducted online. The research design used is posttest only control group design. The population is students of class XI MIPA SMAN 10 Pinrang. Sampling is carried out randomly, where class XI MIPA 2 was the experimental class with 26 students and class XI MIPA 3 was the control class with 27 students. The data collection technique is the provision of a final test of learning outcomes in the experimental class and the control class. Data analysis was performed using descriptive and inferential statistics. The results of the analysis showed that the average value of the experimental class students' learning outcomes was higher than the control class, respectively 76.65 and 63.46. The results of the Mann-Whitney hypothesis test showed that Zhitung (α, 0,05) = 3.156 is greater than Ztabel (α, 0,05) = 1.64. Based on these data, it can be concluded that the game of truth or dare in the problem-based learning model has an effect on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMAN 10 Pinrang on the subject matter of thermochemistry.

Keywords


Truth or dare, problem based learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Adiga, U., & Sachidananda. A. 2015. Problem Based Learning. International Journal of Current Research. 7(6).

Aswita., Rusman., & Ratu, F.I.R. 2017. Indentifikasi Kesulitan Peserta didik dalam Memahami Materi Termokimia dengan Menggunanakan ¬Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(1).

Attaqiana. M.R., Saptorini., & Achmad, B. 2016. Pengembangan Media Permainan Truth or Dare Bervisi SETS Guna Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Invasi Pendidikan Kimia. 10(2).

Chang, R. 2005. Konsep-konsep Inti. Jakarta: Erlangga.

Herliani. 2016. Penggunaan Taksonomi Solo (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick On The Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Peserta didik pada Biologi SMA. Biology Education Conference. 3(1).

Indayanti, E,N., Dyah, A,.& Supriyono. 2016. Penerapan Permainan Truth Ord Dare Materi Sistem Ekskresi terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP. E-Journal UNESA. 1(2).

Mimmah, M., & Nasir, M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Sains IPA Fisika Peserta didik dengan Menerapkan Media Permainan Truth and Dare. Jurnal Online Mahapeserta didik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(2).

Meilan, W., Rohiat, S. & Amir, H. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Call Card dan Truth And Dare. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Alotrop. 1(1).

Prafianti, Aseta. 2015. Pengembangan Permainan Truth And Dare sebagai Media Pembelajaran Hidrokarbon Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Priatmoko, S., dkk. 2008. Pengaruh Media Permainan Truth And Dare terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik SMA dengan Visi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(1).

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zakiyah, H, & Nuzula, U. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari. Lantanida Journal. 5(2).


Article Metrics

Abstract view : 317 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats