Pengaruh Media Berbasis Macromedia Flash pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Cendana Kabupaten Enrekang (Studi Pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Seprian Patandianan(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Maryono Maryono(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.36782

Abstract


ABSTRAK
Seprian Patandianan, 2016. Pengaruh media berbasis Macromedia Flash pada Model Pembelajaran discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cendana (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon). Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ramlawati dan Maryono).
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media berbasis Macromedia Flash pada Model Pembelajaran discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cendana Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan Macromedia media berbasis macromedia flash pada model pembelajaran discovery learning. Serta variable terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cendana yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan asumsi bahwa populasi bersifat homogen. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada peserta didik pada awal dan akhir pembelajaran yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,7947 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 48 diperoleh ttabel = 1,6787. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media berbasis macromedia flash pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Cendana pada materi Hidrokarbon.


ABSTRACT
SeprianPatandianan, 2016. The influence of Macromedia Flash-based media on discovery learning model toward learning outcomes of grade X students Senior High School at SMA Negeri 1 Cendana (Study on the Hydrocarbons subject matter). Thesis. Chemistry Department, Mathematics and Natural Sciences Faculty. Makassar State University (guided by Ramlawati and Maryono).
This is quasi-experimental research that aims to identify positive influence of the Macromedia Flash media based on discovery learning model toward learning outcomes of grade X students Senior High School at SMA Negeri 1 Cendana. The independent variable in this study, was the learning process using Macromedia Flash media based on discovery learning model. As well as the dependent variable was the learning outcomes of students on Hydrocarbons material.Populationof this study was the class X student of SMA Negeri 1 Cendana that consisting of four classes. The sampling technique was random sampling technique with the assumption that the population is homogeneous. Classes were selected as the sample is class X4 as an experimental class consisting of 24 students and class X2 as the control class consisting of 24 students.The Data collection technique had done by providing achievement test to the students at the beginning and end of the study that consisted of 20 multiple choice items. TheData wereanalysed using descriptive and inferential statistical analysis. Hypothesis testing using t-test and was obtainable t calculated = 2.7947 and the significant level α = 0.05 with df= 48 was obtainable t table = 1.6787. Wherever t-calculated > t table, then H0 was rejected and H1 was accepted. It was concluded that there is a positive influence of the use of Macromedia Flash media based on discovery learning model toward the learning outcomes of students of class X SMA Negeri 1 Cendana on Hydrocarbon material.

Keywords


Macromedia Flash, Discovery Learning, hasil belajar, Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Budiono, Aris., Muhammad faiq nursofi. 2011. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belejar Teknik Pelapisan Dan Korosi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 11. No.1.

Rahadi, Aristo. 2004. Konsepsi Media dalam Pembelajaran, (online), (http://www.pustekkom.go.id, diakses 24 Mei 2015)

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Suyitno, Teguh. 2014. Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013. http://bdksemarang.kemenag.go.id

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats