Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 11 Makassar Melalui Metode Praktikum pada Materi Larutan Asam dan Basa
(1) Quipper Edukasi Indonesia, Citra Landan Hertasning, Gowa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i1.32489
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinbobola, A.O, & F.Afolabi. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5:234-240.
Ango, M.L. 2002. Mastery of Science Process Skill and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Jounal of Educology Vol.16., No.1., Hal 11-30. University of Jos, Plate au State Nigeria. Arifin, Mulyati. 2003. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Julaeha, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosisntesis di Kelas VIII (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurnia, E. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Masalah. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sari, P.M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 245 times | PDF view : 63 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats