Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 11 Makassar Melalui Metode Praktikum pada Materi Larutan Asam dan Basa

Reski Ramadani(1), Iwan Dini(2*), Melati Masri(3),

(1) Quipper Edukasi Indonesia, Citra Landan Hertasning, Gowa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i1.32489

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains pada aspek keterampilan dasar siswa pada materi larutan asam dan basa melalui metode praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan instrument berupa lembar observasi aspek psikomotorik, angket, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 11 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Berdasarkan analisis data, keterampilan proses sains pada aspek keterampilan dasar siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu pada keterampilan mengamati 91.83%, mengklasifikasikan 98.5%, mengukur 88%, mengkomunikasikan 92.33%. Siswa berada pada kategori baik, yaitu pada keterampilan menyimpulkan 72%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 3 sman 11 Makassar melalui metode praktikum pada materi larutan asam dan basa sudah sangat baik.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, metode praktikum, asam-basa

Full Text:

PDF

References


Akinbobola, A.O, & F.Afolabi. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5:234-240.

Ango, M.L. 2002. Mastery of Science Process Skill and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Jounal of Educology Vol.16., No.1., Hal 11-30. University of Jos, Plate au State Nigeria. Arifin, Mulyati. 2003. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Julaeha, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosisntesis di Kelas VIII (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurnia, E. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Masalah. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, P.M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats