Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing (Guided Inquiry) secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negei 21 Bone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.28311
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Mapping untuk Anak agar Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas, 2003. Undang-Undang RI No.20. tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Fitri, Pratiwi Hidayatullah dan Imam Sucahyo. 2019. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 8. No.3.
Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.2.No.4.
Imaniarti, Eviana, Trapsilo Prihandono, Bambang Supriadi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN Arjasa.
Long, D. dan Carlson, D. 2011. Mind The Mapping: How Thinking Mappings Affect Student Achievement. Network: An On-Line Journal for Teacher Research. Vol.13. No.2.
Lumentut, Regina S, Irwan Sais, dan Kasmudin Mustapa. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Mind Map terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Redoks di Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Akademika Kimia. Vol.6 No.2.
Nugroho, Purwo Adi, Suciati, dan Riezky Maya Probosari. 2012. Penerapan Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belaajr Biologi Siswa SMAN 1 Ngemplak Boyolali.
Purwadhi, 2019. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, Vol. 4, No. 1.
Rose, C dan Nicholl, M.J. 2006. Accelerated Learning for the 21st Century. Diterjemahkan Dedi Ahimsa. Bandung: Nuansa.
Sagita, Damai A, Krissandi, Widharyanto B, Dewi R Purnama. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: PendidikanTeknis. Jakarta
Sholihah,Z. Dan Azizah U. 2019. Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi. Journal of chemical edication. Vol. 8. No.2.
Silaban, Ramlan, Masita Anggaraini Napitupulu. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer.
Simbolon, Dedi Holden. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3): 304- 305.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Megajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supadmi, Ni Luh, Gusti Lanang Wiratma, Luh Maharani Merta. 2017. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 2. No. 2.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
Article Metrics
Abstract view : 137 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats