Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing (Guided Inquiry) secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negei 21 Bone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom)

Amalia Noor Hiqmah(1*), Diana Eka Pratiwi(2), Muhammad Danial(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i2.28311

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok Struktur Atom. Desain penelitian yang digunakan adalah “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 22 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen yaitu 81 dan kelas kontrol yaitu 76. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Zhitung= 2,18 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena Zhitung > Ztabel maka H1 diterima atau H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok struktur atom.

Keywords


Mind Mapping, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Mapping untuk Anak agar Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang RI No.20. tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Fitri, Pratiwi Hidayatullah dan Imam Sucahyo. 2019. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 8. No.3.

Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.2.No.4.

Imaniarti, Eviana, Trapsilo Prihandono, Bambang Supriadi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN Arjasa.

Long, D. dan Carlson, D. 2011. Mind The Mapping: How Thinking Mappings Affect Student Achievement. Network: An On-Line Journal for Teacher Research. Vol.13. No.2.

Lumentut, Regina S, Irwan Sais, dan Kasmudin Mustapa. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Mind Map terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Redoks di Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Akademika Kimia. Vol.6 No.2.

Nugroho, Purwo Adi, Suciati, dan Riezky Maya Probosari. 2012. Penerapan Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belaajr Biologi Siswa SMAN 1 Ngemplak Boyolali.

Purwadhi, 2019. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, Vol. 4, No. 1.

Rose, C dan Nicholl, M.J. 2006. Accelerated Learning for the 21st Century. Diterjemahkan Dedi Ahimsa. Bandung: Nuansa.

Sagita, Damai A, Krissandi, Widharyanto B, Dewi R Purnama. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: PendidikanTeknis. Jakarta

Sholihah,Z. Dan Azizah U. 2019. Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi. Journal of chemical edication. Vol. 8. No.2.

Silaban, Ramlan, Masita Anggaraini Napitupulu. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer.

Simbolon, Dedi Holden. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3): 304- 305.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Megajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supadmi, Ni Luh, Gusti Lanang Wiratma, Luh Maharani Merta. 2017. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 2. No. 2.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats