Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-A SMAN 1 Bungin (Materi Pokok Hidrokarbon

Siti Indriyati Idris(1*), Muharram Muharram(2), Taty Sulastry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26619

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Bungin, Kab. Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50,15% dan siklus II sebesar 76,50%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Bungin pada siklus I sebesar 61,18 dan siklus II sebesar 77,78. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah yang diterapkan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Bungin. Adapun langkah-langkah penerapan model NHT, yaitu: (1) Fase penomoran (Numbering)serta menyampaikan tujuan dan motivasi dilakukan dengan cara menunjuk langsung siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dan menegaskan ulang kepada siswa untuk mencatat tujuan pembelajaran tiap pertemuan guna memudahkan siswa pada saat tes akhir siklus. (2) Fase pengajuan pertanyaan (Questioning) dan menyajikan informasi dilakukan dengan cara menemukan dan menuliskan konsep materi yang dipelajari agar siswa termotivasi untuk rajin membaca, menuliskan kata kunci pelajaran agar siswa mudah paham dengan materi, mencatat materi yang dibahas dengan mencatat hal penting, guru menunjuk langsung siswa secara acak untuk menjawab LKS dan pertanyaan dari guru, (3) Fase berpikir bersama (Head together) dilakukan dengan cara menegaskan siswa menggunakan literature atau buku untuk membantu siswa menjawab soal dan berkeliling ke tiap kelompok dan bertanya apa saja yang belum dimengerti dan mencatat hasil diskusi, (4) Fase pemberian jawaban (Answering) dilakukan dengan cara membagi soal kepada tiap-tiap nomor kepala dan menunjuk lagsung siswa untuk menjawab dan mengerjakan soal, (5) Fase evaluasi dilakukan dengan cara menunjuk langsung untuk menyimpulkan materi dan menegaskan siswa lain untuk mencatat kesimpulan yang disampaikan temannya.

Keywords


NHT, aktivitas belajar, hasil belajar,Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Astrawan, I. 2010. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X.

Nur. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Kampus UNESA.

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta : Rajawali.

Ibrahim, 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa Universty Press.

Wahyuningrum, Lina, dkk. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika Siswa. Surakarta : PMIPA FKIP UNS.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats