Pengaruh Metode Question Student Have (QSH) dalam Model Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Sinjai Timur (Studi Pokok Kesetimbangan Ion dalam Larutan Garam)

Ernawati Ernawati(1*), Ramdani Ramdani(2), Muharram Muharram(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26615

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Question Student Have (QSH) dalam model pencapaian konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Sinjai Timur. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Question Student Have (QSH) dalam model pencapaian konsep dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok kesetimbangan ion dalam larutan garam. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sinjai Timur yang terdiri atas 3 kelas dengan siswa sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XIPA3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Data hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui posttest kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh thitung>ttabel ¬ yaitu 5.281>1.684 ang menunjukkan bahwa H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Question Student Have (QSH) dalam model pencapaian konsep berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Sinjai Timur pada materi pokok kesetimbangan ion dalam larutan garam.

Keywords


Metode QSH, model pencapaian konsep, kemampuan berpikir kritis, kesetimbangan ion dalam larutan garam

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

Eggen dan Donald P. Kauchak. 2012. Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. New York: Pearson.

Fadhilah. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMA IT Mutiara Duri Kanbupaten Bengkalis. Skripsi. Pekanbaru: Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Fisher. 2011. Critical Thinking: An Introduction. London: Cambridge University Press.

Gupta. 2007. Research In Teaching Of Science: Models and Strategies. New Delhi: A.P.H. Publishing Corporation.

Haling. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Mathur. 2013. “Effect of Concept Attainment Model on Acquisition of Physics Concepts”. Universal Journal of Educational Research 1(3): 165-169.

Sari. 2015. “ Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Ngimbang”. AVATARA, e-journal Pendidikan Sejarah. Volume 3, No. 2.

Starkey. 2004. Critical Thinking Skills Success In 20 Minutes A Day. New York: Learning Express.

Tim Pengembang Ilmu Pendidkan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA.

Tim pusat studi pancasila UGM. 2015. Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila. Yogyakarta: pusat studi UGM.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Vianata. 2012. “ Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa”. Indonesia Journal of History Education. Volume 1 (1).

Zaini. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats