Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tanralili (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Ayu Lestari Idris(1*), Halimah Husain(2), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26614

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanralili pada materi pokok hidrokarbon. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE dan pembelajaran tanpa menggunakan metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE, variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1 – X6 SMA Negeri 5 Tanralili. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan sampel penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 2.54 > 2,01 pada ═ 0,05 untuk hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanralili pada materi pokok hidrokarbon.

Keywords


Mind Mapping Method, Model Pembelajaran SFE, Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.

Full Text:

PDF

References


Buzan, T. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Lulus Ujian dengan Nilai Bagus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, B. dan Hernacki, M. 2000. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Irlinawati, D. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.1, No.2.

Kusmintayu, N. Dkk. 2012. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 1 Nomor 2.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats