Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Makale (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia)

Muzdalifah A. Makkatutu(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Arie Arma Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40634

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makale sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Blended Learning Learning tipe Flipped Classroom pada materi Sistem Ekskresi Manusia. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makale setelah penerapan model pembelajaran Blended Learning Learning tipe Flipped Classroom pada materi Sistem Ekskresi Manusia.3) Mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makale yang signifikan setelah penerapan Blended Learning Learning tipe Flipped Classroom pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dan desain penelitian One Group Pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makale sebanyak 315 peserta didik yang terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel dipilih dengan Teknik random sampling sehingga diperoleh masing-masing 33 peserta didik di kelas VIII G dan 34 peserta didik di kelas VIII H. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang terdiri 25 butir soal. Data hasil belajar diperoleh melalui pemberian pretest dan postes. Hasil analisis data disimpulkan: 1)  Rata-rata skor hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 1 Makale sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom pada materi sistem ekskresi manusia yaitu rata-rata skor hasil belajar sebelum penerapan 6.66 pada kategori sedang sedangkan skor rata-rata setelah penerapan yaitu 17.70 dengan skor maksimal 25 pada kategori tinggi. 2) Peningkatan (N-Gain) hasil belajar peserta didik SMPN 1 Makale setelah penerapan  model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom pada materi sistem ekskresi manusia dengan skor 0.60 berada pada kategori sedang. 3) Skor hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Makale meningkat dengan signifikan setelah penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom pada materi Sistem Ekskresi Manusia.


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi, Harapan Pembelajaran Daring Selama Selama Masa Pandemi COVID-19 Oleh Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10, 282-289.

Astuti, A.D., & Prestadi, D. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. 1, 129-135

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E., D. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3, 1928-1934.

Engko, C & Usmani, P. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Akuntansi. 6, 23-38.

Farman & Chairuddin. 2020. Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Phytagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. 7, 92-100

Maulana, M. A. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X IPA Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. 1, 85-95

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped. Edutcehnologia. 2, 160–170.

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. 2021. Flipped Classroom Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Yogyakarta: Andi Offset.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsap pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8, 81-86.

Sukri, H., & Fatah, D., A. 2020. Rancang Bangun Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Solusi Peningkatan Daya Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Edutic. 6, 52-60.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tambunan, H., Marsangkap., dan Uli, B.S. 2020. Blended Learning dengan Ragam Gaya Belajar. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Tiro, M., A. 1999. Analisis Data Frekuensi dengan Chi Kuadrat. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 10, 71-77.

Wijoyo, H., dkk. 2020. Blended Learning Suatu Paduan. Solok: Insan Cendikia Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muzdalifah A. Makkatutu, Nurhayani H. Muhiddin, Arie Arma Arsyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.