Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 49 Makassar
(1) Department of Science Education Faculty of Mathematic and Natural Sciences Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40607
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amijaya. Sunarya. Lalu, Ramdani. Agus, Merta. Wayan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. Vol. 13, No. 2.
Hernawati, D., Nandiyanto, D.B.A., dan Mohammad, N. 2020. The Use Learning Videos In Order To Increase Student Motivation and Learning During The Covid-19 Pandemic. Asean Journal Of Science And Engineering Education.1(2).77-80.
Inayati. lin, Nugraha. Enung, Asep. Soefurohman. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.7, No. 1.
Mulyasa, E. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurfaridah,Bahtiar,Nevi.Ernita.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Pada Pembelajaran fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal RisetInovasi Pembelajaran Fisika.Vol.2, No.1.
Novidiantoko, D. 2019.Guru, Mari Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Noviana.Syafaβatin,Connie dan Dedy Hamdani.2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas X IPA.3 SMA Negeri Bengkul Tengah. Jurnal Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidika. Vol. 1, No.1.
Nurdyansyah,Fahyuni fariyatul Eni.2016. Inovasi Model Pembelajaran.Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Putri,Raida Fadia. Suharto, Bambang. Rusmansyah.2019. Penerapan Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid. Jurnal of Chemistru and Education. Vol.3, No.2.
Rahmawati, Rizka Susilaningtyas .2014. Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan.Vol5,No.2
Rahmadani. Rini, Adha. Yuni, Rahmawati. 2018. Analisis Aspek Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Instrumen Penilaian Materi Protista Untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Biodik.Vol. 4, No.1.
Ramlawati, Indriwati.Nur, Rusli. Aqil. Muhammad. 2020. Analisis Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal-Soal Level C4 (Menganalisis) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. Vol.3, No.2.
Ramlawati, Sudarto, Kurnaeni.Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 15 Makassar (Materi Pokok Ekosistem). Jurnal IPA Terpadu. Vol.3,No.1.
Ricardo & Meilani, R. I. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2), 188-201.
Sinuraya.Jubahasa,Mihardi.Satria. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Matakuliah Fisika Umum. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol.25,No.2.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, W., & Wiratman, L. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sundari. Siti. Fitri, Indriany. Elis, 2019. Penerapan Model Pembelajarn Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar.Vol. 2, No.2.
Sulistyorini,s.2007.Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya Dalam KTSP.Semarang:Tiara Wacana
Udiana.Ni Ketut,Marhaeni,Arnyana,Putu.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas IV SD No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Bandung. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.7,N0.1)
Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group
Yunus, Ayu. Danial, Muhammad. Muharram.2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mteri Koloid. Chemistry Education Journal. Vol.5,No.2.
Yunus. Sitti.Rahma, Ramlawati, Selviyanti.2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Materi Pokok Alat Optik. Julnal IPA Terpadu.Vol.2, No.1.
Yunus.Sitti.Rahma,Muhiddin.H.Nurhayani,Taufiq.Hasnawati.A.2018.PengaruhModel Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikKelas IX SMPN 13 Makassar Pada Materi Listrik Statis. Jurnal IPA Terpadu. Vol.2,No.1.
Article Metrics
Abstract view : 111 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kezia Yulnat Tangalayuk, Sitti Rahma Yunus, Salma Samputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.