Penerapan Pendekatan Science, Technology, Enginerring, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII di SMPN 13 Makassar
(1) Department of Science Education Faculty of Mathematic and Natural Sciences Universitas Negeri Makassar
(2) Department of Science Education Faculty of Mathematic and Natural Sciences Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40606
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, H.A. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Kelas XI MIPA SMAN 2 Sidrap. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Erwin. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Listrik Dinamis Peserta Didik Kelas IX MTs At-Taufiq Padaelo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Indiana : Indiana University.
Izzati, N., Tambunan, L.R., Susanti, & Siregar, N.A.R. 2019. Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1, 63-74.
Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A.. 2016. Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 1, 1588-1593.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2018. Dasar–dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Rohayati, T., & Ibrahim, Y.. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi. Jurnal Garda Guru, 3,11-20.
Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A.. 2020. Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3, 75-86.
Soimah, H. 2019. Pembelajaran IPA Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Sugiharto, A.. 2020. Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3, 158-168.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Aa, J. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran STEM – PJBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9, 28-43.
Toto. 2019. STEM-based Science Learning Design in the 2013 Curriculum. Journal of Physics: Conf. Series 1233, 012094, 1-8.
Wibowo, I.G.A.W. 2018. Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan ELearning. Journal of Education Action Research, 2, 315-321.
Yunus, S. R., dkk. 2021. Analisis Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains, Motivasi, dan Hasil Belajar IPA Sekolah Calon Guru IPA. Jurnal IPA Terpadu, 5, 28-34.
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurhayani H. Muhiddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.