Penerapan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 8 Makassar (Studi pada Materi Sistem Tata Surya)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v1i1.30577
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Artiani, Leni. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Science, Teknology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Picture. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan.
Banilaa, Lidya., Hana Lestarib., dan Ridwan Siskandarc. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3 (1).
Bybee, W Rodger. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Oppartunities. Amerika: NSTA.
Fitriyah, Lina Arifah., & Humaidillah Kurniadi Wardana. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, dan Campuran dengan Pendekatan STEM. Jurnal Zarah, 2 (2), 86-92.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill: Guide to Evaluating Mastery and Authentic Larning. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Jolly, A. (2017). STEM By Design. Strategies and activities for grade 4-8.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Khoiriyah, Nailul., Abdurrahman., & Ismu Wahyudi. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD, 5 (2), 1-10.
Laisnima, Lhony, & Tiurlina Siregar. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Teknology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Materi Redoks dan Sel Ektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8 (2), 84-90.
Mahjatia, Nanda., Eko Susilowati., dan Sarah Miriam. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (3), 139-150.
National Research Council. (2011). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington DC: The National Academies Press.
Quratulaini, (2019). Pengembangan LKS IPA berbasis STEM (Sciensi Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP/Mts. Jember: FKIP.
Saputra, Beny., and Agus Sujarwanta. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics Di Masa Pandemi Covid-19. Biolova, 2 (1).
Sintema, Edgar John. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16 (7).
Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Tahun 2015. Diakses dari http://matematohir.wordpreess.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ diakses pada tanggal 18 Januari 2021.
Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, And Mathematics In California Public Education. Dublin, CA: Californians Dedicated to Education Foundation
Undang-Undang Republik Indonesia No. 30 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 30 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 711 times | PDF view : 109 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nursam Samal, Ramlawati Ramlawati, Muhammad Aqil Rusli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.