Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Berpikir Kritis, Kreatif, dan Bekerjasama

Suardi Suardi(1*),

(1) SMP Negeri 4 Sibulue
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v1i1.30574

Abstract


Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berpikir Kritis, Kreatif dan Bekerjasama. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif; 3) peningkatan kerjasama. Pada Penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data denganmenggunakan pretes dan postes untuk mengukur pemahaman konsepdan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Selain itu dilakukan dengan teknik observasi.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif (kualitatif) dan kuantitatif. Hasil peneliian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diimplementasikan pembelajaran STEM meningkat; kemampuan berpikir kreatif juga meningkat; dan kemampuan kerja sama peserta didik juga meningkat.

Full Text:

PDF

References


Bybee, R. W. 2010. Advancing STEM education: A 2020 vision. Technology and Engineering Teacher, 70(1), 30-35.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Ennis, R.H. 1985. Critical thinking and the curriculum. National Forum, 65, 28-31

Ennis, Robert H. 1996. Critical Thingking. New Jersey: Simon & Schuster/A Viacom Company

Filsaisme, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir kritis. Jakarta: Erlangga

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan kemampuan Metakognitif untuk Menguasai bahan Ajar. Desertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyususn Karya Tulis. Bandung: Alfabeta.

Zamroni dan Mahfuz. 2009, Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Kencana.

Wetzel, David R. 2008. Problem Solving and Science Process Skills. Online. (http://teachertipstraining.suite101.com/article.cfm/problem solving_and_ science_process_skills, Diakses 12 Oktober 2016).


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suardi Suardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.