ANALISIS PENGARUH FAKTOR KECEMASAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KOTA SINGARAJA

Ni Kadek Sudarti(1*),

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.13956

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh langsung maupun tidak langsung antara kecemasan belajar dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Data pada penelitian ini adalah data kemampuan penalaran matematis yang diukur dengan tes uraian serta data kecemasan belajar dan gaya belajar yang diukur dengan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan belajar secara langsung berpengaruh negatif terhadap kemampuan penalaran matematis dengan korelasi sebesar -0,59. Sementara itu, gaya belajar secara langsung berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan korelasi sebesar 0,46. Selanjutnya ditemukan bahwa kecemasan belajar dan gaya belajar juga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis secara tidak langsung dengan koefisien korelasi sebesar -1,13. Kecemasan belajar merupakan faktor yang lebih dominan mempengaruhi kemampuan penalaran matematis yakni sebesar 34,8%, sedangkan gaya belajar hanya sebesar 21,1%. Hasil penelitian ini mengharapkan proses pembelajaran dapat meminimalisir kecemasan belajar serta meningkatkan variasi gaya belajar sehingga kemampuan penalaran matematis meningkat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 437 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni Kadek Sudarti

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics