PERAN STATUS SOSIOEKONOMI ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DALAM BELAJAR

A. Ahmad Ridha(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v2i1.5923

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar ditinjau dari status sosioekonomi orangtua, dan 2) Hubungan antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 241 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner status sosioekonomi orangtua, skala penyesuaian diri, dan skala motivasi intrinsik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik dalam belajar antar tingkat pendidikan ayah; 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat pendidikan ibu; 3) Tidak terdapat perbedaan motivasi intrinsik siswa dalam belajar antar tingkat penghasilan orangtua; 4) Terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.


Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Penyesuaian Diri, Status Sosioekonomi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 A. Ahmad Ridha

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics