PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENANGANI KEMISKINAN DI ERA MILENIAL (STUDI KASUS LOKA LATIHAN KERJA UKM KABUPATEN BIAK NUMFOR)

Busyairi Ahmad(1*), Hamjah Bonso(2),

(1) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(2) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15519

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dari LLK UKM di dalam menangani kemiskinan di era-milenial di kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Biak Numfor, dengan fokus pada peran pendidikan non-formal, data yang dipergunakan adalah data primer dan skunder. Metode penelitian dalam penelitian ini dimulai dari survey awal selanjutnya pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LLK UKM Kabupaten Biak Numfor yang tergolong dalam Pendidikan nonformal memiliki adil dalam menagani kemiskinan di kabupaten Biak Numfor terlebih di era milenila sekarang ini melalui penurunan tingkat pengangguran. Upaya LLK UKM dalam menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Biak Numfor melalui beberapa strategi skaligus perannya sebagai Lembaga Pelatihan yaitu Peningkatan Skill Kerja, Peningkatan Kreativitas, Membentuk Karakter kerja, Legalitas keterampilan berupa sertifikat.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1121 times | PDF view : 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Busyairi Ahmad, Hamjah Bonso

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics