PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Syirlatifah Syirlatifah(1*), Abdul Haris(2), Anis Anis(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(3) SMA N 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.967

Abstract


This study amis is to improve learning outcomesof  physics class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar 2013/2014 school year. This research is Classroom Action Research consisting of two cycles and involves three variables, namely learners of class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar academic year 2013/2014, generative learning model and physics student learning outcomes. The subject of this research is class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar 2013/2014 school year. The instrument used was a test of learning outcomes in the form of essay test given at the end of each cycle. Results of this research revealed that there is an increase in learning outcomes of physics class XI IPA 1 SMAN 9 Makassar from the first cycle to the second cycle after the implementation of generative learning model with experimental methods in physics learning and discussion. It can be seen from the average values obtained at the end of each cycle in which the evaluation in the first cycle is 72.62 while in the second cycle is 84.13. By comparing the average value of the above it can be concluded that an increase in physics student learning outcomes after applicable generative learning model. From the observation of student activity is also seen an increase from the first cycle to the second cycle. This is also support an increase in physics student learning outcomes. We can conclude that the adoption of generative learning model in study of physics is thought to enhance learning outcomes for physics students with learning model is the students themselves who discover new knowledge that will be easier to understand the concept of the material that will affect improve learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa  kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus dan melibatkan tiga variabel yaitu peserta didik  yakni siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2013/2014, model pembelajaran generatif dan hasil belajar fisika siswa. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal essay pada akhir setiap siklus. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar dari siklus I ke siklus II setelah diterapakan model pembelajaran generative dengan metode eksperimen dan diskusi dalam pembelajaran Fisika. Hal ini dapat dilihat dari nilai nilai rata-rata yang diperoleh pada evaluasi akhir setiap siklus dimana pada siklus I adalah 72,62 sedangkan pada siklus II adalah 84,13. Dengan membandingkan kedua nilai rata-rata di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah diterapakan model pembelajaran generatif. Dari hasil observasi aktivitas siswa juga terlihat terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal inilah yang juga menunjang terjadinya peningkatan hasil belajar fisika siswa. Kita dapat menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran generative dalam pembelajaran fisika dianggap mampu meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik karena dengan model pembelajaran ini siswa sendiri yang menemukan pengetahuan barunya sehingga akan lebih mudah memahami konsep materinya yang akan berdampak meningkatkan hasil belajarnya.

Kata Kunci:  model pembelajaran generatif, hasil belajar fisika


Full Text:

PDF (293 - 301)

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Holil, Anwar. 2012. Model Pembelajaran Generatif. Diakses pada tanggal 18 Januari2013 pada http://aviandricahya.blogspot.com/2008/04/pembelajaran-generatif-mpg.html.

Mulyono, A. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistik. Bandung : Alfa Beta

Tanwey, GR. 2003. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur (YP3IT)

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional) Edisi Pertama Cetakan 5. Jakarata : Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 1262 times | PDF (293 - 301) view : 949 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License