HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Safri Z(1*), Abdul Haris(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i2.953

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui kategori kecemasan dan motivasi belajar fisika serta hubungan keduanya pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Tahun Ajaran 2009-2010. Variabel yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah variabel kecemasan belajar fisika sebagai variabel bebas dan motivasi belajar fisika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di 6 sekolah dengan jumlah siswa 515. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 130 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecemasan belajar fisika dan kuesioner motivasi belajar fisika yang telah divalidasi. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa kecemasan belajar fisika siswa secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 72,31% dan motivasi belajar fisika siswa juga secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 73,08%. Hasil analisis inferensial menunjukkan taksiran rata-rata populasi untuk data kecemasan belajar fisika 94 ≤ µ ≤ 96 dan untuk data motivasi belajar fisika 102  ≤ µ ≤  104 mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan motivasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Tahun Ajaran 2009-2010 dimana kecemasan berpengaruh 12,07% terhadap motivasi belajar fisika sedangkan 87,93% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ikut diselidiki dalam penelitian ini.

Kata kunci : kecemasan belajar fisika, motivasi belajar fisika, penelitian ex-post facto


Full Text:

PDF

References


Abdul Haling. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Anonim. 2009. Teori Kecemasan. (online), (http://www.feedburner.com). Diakses tanggal: 29 januari 2010).

Arif Tiro, Muhammad. 2006. Dasar-dasar Statistika.Makassar: Badan Penerbit UNM.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Nurdin. 1997. Hubungan Penguasaan Logika Elementer dan Kecemasan Terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemahaman Prinsip Dasar Kalkulus Mahasiswa TPB FPMIPA IKIP Ujung Pandang. Tesis Magister: Pasca Sarjana IKIP Surabaya.

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hasrianty. 2007. Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi: FMIPA UNM

Imanuel. 2001. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SLTP Negeri 2 Duapitue. Skripsi: FMIPA UNM.

Intan Irawati. 2008. Meningkatkan Motivasi belajar fisika. (online), (http://www.kabarindonesia.com. Diakses tanggal: 29 januari 2010).

Makmun, A.S. 2003. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar: Dua Aspek dan Satuan Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sudrajat, Akhmad. 2009. Upaya mencegah kecemasan di sekolah. (online). (http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses tanggal: 29 januari 2010).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tiro dan Ilyas. 2002. Statistika Terapan Untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Makassar : Andira Publisher

Yusuf. 1993. Dasar-dasar Pembinaan Kemampuan Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Andria.


Article Metrics

Abstract view : 1433 times | PDF view : 597 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License