PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) LUAR KELAS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS XI MIPA SMAN 8 MAROS

Triya Azmarita(1*), Helmi Helmi(2), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains peserta didik XI MIPA SMAN 8 Maros. LKPD luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains yang dirancang berbasis kontekstual merujuk pada kearifan lokal di Maros dengan objek “Bakul Maulid” adalah perangkat pembelajaran dalam melakukan penugasan berupa penguatan konsep fisika diluar kelas yang menuntun peserta didik agar dapat mengaplikasikan materi fisika yang telah di ajarkan di kelas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas BerbasisKontekstual dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi pakar diperoleh nilai koefisien r yaitu 1 berdasarkan analisis Gregory yang menunjukkan valid untuk digunakan. Hasil persepsi guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains diperoleh rata-rata persentase untuk setiap aspek adalah 66,6 % yang menunjukkan bahwa guru setuju artinya guru memberi respon positif terhadap LKPD. Hasil persepsi peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains diperoleh rata-rata persentase untuk setiap aspek adalah 83,4% yang menunjukkan bahwa peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKPD. Hasil test awal sebelum diuji cobakan LKPD luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sainspeserta didik dalam dimensi sikap sangatlah rendah. Hasil test akhir setelah dilakukan uji coba LKPD luar kelas berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains menunjukkan terdapat

Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2017. PengembanganLembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. UNESA Journal of Chemical Education

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Henry, Elington & Baharuddin, Aris. 2000. A Practical Guide to InstructionalDesign International Review of Research in Open and Distance Learning 12(2).

P, Miftakhul Ilmi S. 2018. The Development of Science CPS (Colaborative Problem Solving) Learning Model to Improve Future Islamic Elementary School Teachers’ Collaborative Problem-Solving Skills and Science Literacy. Unnes Science Education Journal.

Munirah. 2014. Upaya Peningkatan Mutu Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran. AULADUNA. Vol. 1, No. 1.

Andi, Prastowo. 2015. Kreatif Bebas Menciptakan Bahan Ajar: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rosdiana. 2017. The Development of Discovery Learning Model to Improve Students’ Science Literacy for Xi Grade Students Of Smk-Spp Negeri Samarinda. Unnes Science Education Journal.

Rusman. 2014. Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: King Grafindo Pranada.




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9410

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]