PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPIAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMAN 4 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v13i3.6193
Abstract
Penelitian ini adalah true eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional SMAN 4 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains dan motivasi belajar fisika pada materi usaha dan energi. Data hasil ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis deksriptif diperoleh rata-rata skor peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk keterampilan proses sains adalah 11.43 sedangkan untuk motivasi belajar fisika adalah 69.10 yang keduanya berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar fisika dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada taraf nyata α=0.05.
Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses sains, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W dan David R. Krathwohl. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ary Donald.dkk. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Borg, W & D. Gall, M. 1983. Educational Research An Introduction (4th ed.). London: Longman
Maknun, Johar. 2007. Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Fisika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Prosiding Seminar Internasional Pendidikan IPA, ISSN 1978-4511
Suardi, Moh. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Article Metrics
Abstract view : 304 times | PDF view : 154 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License