ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA NEGERI 22 MAKASSAR

Nurmilandari Syamsul(1*), Helmi Helmi(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.36302

Abstract


Analisis Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar”. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Helmi dan Ahmad Yani). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik  Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Keterampilan proses sains peserta didik. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAN 22 Makassar sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 85 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuisioner berbentuk soal pilihan ganda melalui aplikasi Google Form. Teknik analisis data yang digunakan dengan menilai hasil hasil kuisioner yang telah dikerjakan oleh peserta didik berdasarkan indikator keterampilan proses sains yang telah ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: 1) rerata skor untuk indikator menafsirkan sebesar 12,24, yang berada pada kategori baik; 2) rerata skor untuk indikator merencanakan percobaan sebesar 19,04 yang berada pada kategori cukup baik; 3) rerata skor untuk indikator menerapkan konsep sebesar 18,21 yang berada pada kategori cukup baik; 3)rerata skor untuk indikator mengkomunikasikan sebesar 19,06 yang berada pada kategori cukup. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan analisis keterampilan proses sains peserta didik SMAN 22 Makassar dapat dikategorikan memliki kemampuan proses sains fisika.

 

Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Indikator Keterampilan Proses Sains, Hasil Proses Sains


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2004. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Akinbobola, A, O. & Afolabi, F. 2010. Analysis of Science Skills in West African Senior Secondary School Certificate physics Practical Examination in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research.5, (4), 234-240.

Anderson, L. W, & Krathwohl, D. R. 2014. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, & Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2013. Kurikulum 2013. Depdiknas. Jakarta.

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineke Cipta.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Sainstifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Isjoni. 2011. Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta

Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education.3, (1), 26-38.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta.

Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika.Vol. 1 No. 2, 41-44.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter, dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3, 28-35.

Moedjiono, dkk, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud

Nopitasari, A., Indrowati, M., & Santosa, S. 2012. Pengaruh Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban

Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 3, 100-110.

Nurhayati, B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Prasetyo, Eko. 2011. Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Penerbit Andi

Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Salamah, U. & Mursal. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Mneggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No. 01, 59-65.

Sugiyarti, H., Sunarno, W., & Aminah, N. S. 2015. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Proyek dan Eksperimen Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri. Vol. 4, No. 4, 34-42.

Suprapto, T. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Tawil, M., & Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wartono. 2003. Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wilhelm, J., Thacker, B., & Wilhelm, R. 2007. Creating Constructivist Physics for Introductory University Classes. Electronic Journal of Science Education.

Widayanto. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar. Yogjakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 51 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License