ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DARING DI SMAN 2 SIDRAP

Muh Asrarul Qayyum(1*), Abdul Haris(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.36053

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui apa faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik kelas XI MIPA dalam pembelajaran fisika berbasis daring di SMAN 2 Sidrap. Populasi dan sampel dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 2 Sidrap. Indikator kesulitan belajar yang digunakan yaitu kesulitan teknis, Kesulitan Saat Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Dan Faktor Eksternal. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen non test berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 2 Sidrap mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran fisika berbasis daring dengan persentase 61,36 % atau 81 peserta didik mengalami kesulitan belajar. Kesulitan yang dialami seperti terkendala pada sinyal, belum mahir menggunakan aplikasi google classroom, kedisiplinan peserta didik yang kurang, penjelasan guru yang sulit dipahami dan kurang menarik.

Full Text:

PDF

References


Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Ali, S., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Muhaiba, R., Rohadatul Aisy, R., Imaniyah, N., Milinda Sari, S., & Dwi Agustina, S. (2020). Faktor penyebab kesulitan belajar dan dampak terhadap perkembangan prestasi siswa kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 1.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran ipa fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rosada, U., & Rosada, U. (2016). Diagnosis of learning difficulties and guidance learning services to slow learner student. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(1), 61. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i1.408

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 42 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License