PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.32915
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, N. 2014. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Konsep Tekanan. Jakarta: Skripsi Fisika.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.
Djamarah, S. B. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Giancoli, D. C. 2014. Fisika: Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hasni. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XII IA Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel Dengan Menggunakan Percobaan Sach Dan Percobaan Ingenhouzt Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, vol.17 no. 2 Maret, h.56.
Irawan, A. 2015. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Pgri 1 Palembang. Universitas Sriwijaya: Palembang.
Liena, Andiasari. 2015. Penggunaan Model Inquiri Dengan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 3 (1): 15-20
Mayangsari, D. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jember: JURNAL EDUKASI UNEJ 2014, I (1): 27-31.
Muhlisin. 2014. “Pengaruh Penerapan metode Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 4 Pagaralam”. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya
Mulyani. 2015. Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jakarta: Jurnal.
Purwanto. 2002. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rianto, Yatim. 2001. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Safdar, Muhammad. 2013. Maening Learning And Rote Learning In Physics. [Online.Majersite.Org/Issue6/5safdar.Pdf].(Diakses tanggal 2 Februari 2015)
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Saul, Sumbang. 2013. “Penerapan metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas 1V SD Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak”. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.
Syaiful Bahri Djamarah, S. d. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful, S. 2010. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Usman, M. U. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widarmika, K. 2019. Metode Eksperimen. Retrieved April 6, 2019, from http://komangwidarmika.blogspot.com/2010/12/metode-eksperimen.html
Winarno, Surahmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito
Zaini Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Article Metrics
Abstract view : 187 times | PDF view : 86 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Published by :
Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id