PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Nur Raudyah Musyarrafah(1), Eko Hadi Sujiono(2*), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.32915

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik dan ada tidaknya pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA MAN Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA MAN Pinrang sebanyak 6 kelas, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 33 orang dan kelas XI MIPA 4 sebgai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 33 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi fluida statis berupa posttest. Hasil pengolahan data menggunakan uji normalitas untuk kelas eksperimen yaitu X 2hitung = 7,09 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu X 2hitung = 5,27, dimana X2tabel = 7,81  jadi X 2hitung < X 2tabel baik untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun hasil pengolahan data menggunakan uji homogenitas yaitu Fhitung = 1,22 dan Ftabel = 1,80, jadi Fhitung < Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa data yang digunakan bersifat normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 1,97 dan ttabel =  1,99, sehingga -ttabel < thitung < +ttabel  maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA Pinrang pada materi pokok Fluida Statis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, N. 2014. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Konsep Tekanan. Jakarta: Skripsi Fisika.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Djamarah, S. B. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Giancoli, D. C. 2014. Fisika: Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hasni. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XII IA Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel Dengan Menggunakan Percobaan Sach Dan Percobaan Ingenhouzt Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, vol.17 no. 2 Maret, h.56.

Irawan, A. 2015. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Pgri 1 Palembang. Universitas Sriwijaya: Palembang.

Liena, Andiasari. 2015. Penggunaan Model Inquiri Dengan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 3 (1): 15-20

Mayangsari, D. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jember: JURNAL EDUKASI UNEJ 2014, I (1): 27-31.

Muhlisin. 2014. “Pengaruh Penerapan metode Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 4 Pagaralam”. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya

Mulyani. 2015. Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jakarta: Jurnal.

Purwanto. 2002. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rianto, Yatim. 2001. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Safdar, Muhammad. 2013. Maening Learning And Rote Learning In Physics. [Online.Majersite.Org/Issue6/5safdar.Pdf].(Diakses tanggal 2 Februari 2015)

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Saul, Sumbang. 2013. “Penerapan metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas 1V SD Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak”. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.

Syaiful Bahri Djamarah, S. d. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, S. 2010. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. U. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widarmika, K. 2019. Metode Eksperimen. Retrieved April 6, 2019, from http://komangwidarmika.blogspot.com/2010/12/metode-eksperimen.html

Winarno, Surahmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito

Zaini Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Article Metrics

Abstract view : 237 times | PDF view : 92 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License