ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 11 MAKASSAR

Asniar Asniar(1), Nurhayati Nurhayati(2*), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.31622

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 11 Makassar dalam pembelajaran fisika pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 11 Makassar yang berjumlah 125 orang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis, dan inferensi. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika berada pada kategori rendah, dimana 67 peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 53,6%. Untuk indikator interpretasi berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 20%, serta analisis dan inferensi  berada pada kategori rendah dengan persentase masing-masing 40%.


Full Text:

PDF

References


Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. 11.

Arizkah, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 5 Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(3). https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.10123

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 020119. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

Indira, T., Somakim, S., & Susanty, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.25

Irawan, T., Rahardjo, S., & Sarwanto. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jateng. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 232-236.

Ivie, S.D. (2001). Metaphor: A model for teaching critical thinking. Contemporary Education, 72(1), 18-22.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Liliasari. (2003). Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta KiMIPA Sekolah Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(3), 174-181.

OECD. (2019). PISA 2018 results (volume I). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Selviana., Rahman, A., & Makbul, M. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika Dan Peluang. Seminar PPGSM - 3TUM, 529- 535.

Setiadi, H., dkk. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitain dan Pengembangan Kementrian Pendidiikan dan Kebudayaan.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari TIMSS dan PISA. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 18.


Article Metrics

Abstract view : 723 times | PDF view : 291 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License