PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBANTUAN APLIKASI LINEWEBTOON
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.31525
Abstract
Penelitian ini merupakan desain dan pengembangan (R2D2). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pelengkap pembelajaran yang layak dan memperoleh respon positif dari peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap mendefenisikan, tahap perencanaan & pengembangan, dan tahap penyebaran untuk menghasilkan media Komik Fisika yang layak serta memperoleh respon sangat positif dari peserta didik. Linewebtoon disini berperan sebagai platform komik online yang digunakan untuk menyebarkan media komik fisika yang telah dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini berjumlah 295 siswa kelas X hingga kelas XII SMAN 1 Makassar yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling . Data penelitian diperoleh dengan proses validasi lembar penilaian media oleh tim validator, penyebaran angket respon kepada peserta didik menggunakan platform google form, dan wawancara dengan salah seorang guru sebagai stakeholder. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari validitas media sebesar 100% dan hasil analisis angket respon peserta didik adalah 80,88 %. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa guru memberikan respon yang baik terhadap media komik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media komik fisika yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan memperoleh respon sangat positif dari peserta didik dan guru.
Full Text:
PDFReferences
Ame, T. 2013. Cara Mudah Menggambar Shoujo Manga (Rani Andriani Koswara (ed.)). Trandmedia Pustaka.
Annisa, S. A., Lesmono, A. D., & Yushardi, Y. 2020. Comic-Based Module Development Andro-Web to Improve Problem Solving Ability in Physics in High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 40. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7641
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rhineka Cipta.
Kusmiati, N., Jumadi, O., & Hiola, st fatmah. 2018. E-LEARNING EFFECTIVENESS USING THE LINE WEBTOON APPLICATION RESPIRATORY SYSTEM MATERIALS. http://eprints.unm.ac.id/11039/
Medina, Z., Christin, M., & Maula, R. M. U. 2016. Motif Pengguna Aplikasi Line Webtoon ( Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Official Line Webtoon Id ). 3(3), 3915–3923.
PATHONİ, H., ALRİZAL, A., & FEBRİYANTİ, S. 2020. The folklore-based comic to increase Students’ motivation in physics learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1471–1482. https://doi.org/10.17478/jegys.770665
Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. 2018. Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Asosiasi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 2(4), 123. https://doi.org/10.30865/mib.v2i4.789
Rayanto, Y. H. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 (Tristan Rokhmawan (ed.)).
Riduwan. 2010. Skal Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta CV.
Saz, J. A., Alibas, F., Yani, A., & Nurhayati. 2018. Pengembangan Media Presentasi Interaktif Semi Laboratorium Virtual pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Saintifik, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.68
Setyawati, H. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioedukasi: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 1, 32–42.
Sofuroh, faizah umu. 2018. Resepsi Pembaca Terhadap Webcomic di LINE Webtoon. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta CV.
Article Metrics
Abstract view : 213 times | PDF view : 52 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License